Aktual, Independen dan Terpercaya


Tak Ingin Karhutla Terulang, Pemerintah Gencarkan Sosialisasi ke Masyarakat

antisipasi-karhutla-rapp.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, SIAK - PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) bekerja sama dengan Pemerintah, Kepolisian dan TNI memperkuat komitmen pencegahan kebakaran untuk melindungi hutan. Kolaborasi multipihak ini diharapkan dapat mewujudkan Zero Fire atau nihil titik api dan kebakaran hutan dan lahan ke depannya.

Hal ini terungkap dalam kegiatan Sosialisasi Larangan Membakar Hutan dan Lahan di Gedung Serba Guna Tengku Maharatu, Kabupaten Siak, Jumat (11/10).

"Perusahaan bekerja sama dengan pihak kepolisian mencegah kebakaran guna melindungi hutan. Ini merupakan perwujudan kebijakan dan komitmen kuat perusahaan selama ini yaitu tidak membakar dalam kegiatan membuka lahan," kata Elvianto, mewakili Manajemen RAPP.

Kapolsek Siak, Kompol Marto Harahap mengatakan kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujur sinergi antara Polri, masyarakat dan perusahaan. Pihaknya mengajak seluruh elemen untuk peduli dengan lingkungan dan bersama-sama mencegah terjadinya kebakaran.

"Sosialisasi pencegahan Karhutla ini tidak hanya dilakukan saat ini tetapi secara berkesinambungan. Kontribusi semua pihak dalam pencegahan menjadi langkah nyata yang harus kita optimalkan," ujarnya.

Hadir dalam sosialiasi tersebut Danramil 03 Siak, Mayor Inf Suratno, Camat Siak, Ricko Riyanto, dan Dosen Universitas Lancang Kuning, Dr. Bagio Kadaryanto

Kegiatan ini ditandai dengan penandatanganan Deklarasi Zero Fire untuk wilayah Kecamatan Dayun. Diharapkan sosialisasi ini bisa menjangkau seluruh masyarakat dan berhasil merubah pola pikir dalam membuka lahan, sehingga karhutla tidak lagi terjadi di Riau. (rls)