H-7 Idul Fitri, Penumpang di Terminal Pekanbaru Semakin Membludak

penumpang-membludak.jpg
(RICO)

Laporan: RICO MARDIANTO

 

RIAUONLINE, PEKANBARU - Memasuki H-7 Lebaran Idul Fitri, pergerakan penumpang di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki Pekanbaru semakin padat dari hari-hari sebelumnya.

Data terakhir yang dicatat pihak pengelola terminal, total penumpang per hari naik menjadi 5.222 pada tanggal 28 Mei dibanding pada tanggal 25 Mei 2019, yaitu 3.495 penumpang, dengan rute antarkota antarprovinsi dan antarkota dalam provinsi.


"Sejak H-10 terjadi peningkatan sebesar 30 sampai 40 persen dari hari biasa hanya kurang lebih dua ribu lima ratus hingga 3000 penumpang per hari," sebut Kepala Terminal Bandar Raya Payung Sekaki, Henry Tambunan.

Selain itu, ada penambahan jumlah armada terutama untuk tujuan Pulau Jawa.

"Kepadatan penumpang terutama keberangkatan ke Pulau Jawa, sehingga ada penambahan armada, jumlahnyanya saya tidak tahu persisnya berapa, yang jelas ada penambahan armada," kata Henry.

Henry menyebut, kepadatan penumpang terjadi mulai pukul 15.00 hingga 17.00 WIB untuk keberangkatan ke Pulau Jawa. Sedangkan keberangkatan ke Sumatra Utara dan daerah lainnya di Sumatra kepadatan penumpang dimulai pukul 16.00 sampai puncaknya pukul 20.30 WIB.

Henry tak menampik bahwa melonjaknya pergerakan penumpang pada transportasi darat pada musim mudik tahun ini disebabkan harga tiket pesawat yang melambung tingggi, sehingga pemudik memilih transportasi darat sebagai alternatif.