Polda Riau Gagalkan Penyelundupan Puluhan Ribu Benih Lobster

benih-lobster.jpg
(AR)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Direktorat Polisi Perairan Kepolisian Daerah Riau menggagalkan upaya penyelundupan ribuan bibit lobster senilai lebih dari Rp11,5 miliar di perairan Sungai Raja, Kota Dumai, Provinsi Riau.

"Ada dua jenis lobster yang kita sita. Jenis pertama yang paling mahal adalah Mutiara dan satu lagi Pasir. Jumlah seluruhnya mencapai 77.000 ekor dengan kerugian negara Rp11,5 miliar," kata Direktur Polisi Perairan Polda Riau Kombes Pol Badarudin di Pekanbaru, Jumat.

Pengungkapantersebut dilakukan jajaran Ditpolair Polda Riau di perairan Kota Dumai pada Kamis kemarin (23/5). Pengungkapan berawal dari kegiatan patroli rutin Polisi Air menggunakan Kapal nomor lambung 308 yang dikemudian oleh Capt Donal.

Saat sedang patroli, satu unit kapal kayu bermesin atau juga dikenal sebagai pompong tanpa nama mencurigakan berlayar di sekitar tempat kejadian perkara. Petugas pun langsung melakukan pengejaran. Tak butuh waktu lama, kapal berhasil disergap di perairan Sungai Sembilan.


Pada saat pemeriksaan, petugas berhasil menangkap seorang pelaku yang tidak lain merupakan nakhoda kapal berinisial Am alias Ijal (35). Sementara seorang pelaku lainnya berinisial ME alias Edo, yang teridentifikasi sebagai pemilik belasan miliar rupiah baby lobster itu kabur dengan menceburkan diri ke laut seketika kedatangan petugas.

Badarudin mengatakan bayi lobster bernilai tinggi itu diduga kuat berasal dari wilayah Banten, Jawa Barat. Benih itu kemudian dibawa melalui jalur darat melintasi sejumlah provinsi seperti Lampung, Sumatera Selatan, Jambi hingga ke Riau. Sesampai di Riau, pelaku kemudian membawanya ke Kota Dumai untuk kemudian diselundupkan ke Malaysia.

"Provinsi Riau hanyalah perlintasan penyelundupan. Kalau asalnya kita duga dari wilayah Pulau Jawa dan dari Banten," ujarnya.

Sementara itu, Badarudin belum dapat memastikan jaringan sindikat penyelundupan lobster tersebut. Menurut dia, Riau selama ini diluar dari peta penyelundupan lobster ke luar negeri. Acap kali para penyelundup memanfaatkan jalur Batam, Kepulauan Riau untuk langsung menuju ke Singapura. (**)