Sejumlah Komoditas Sebabkan Inflasi Riau, Salah Satunya Lontong Sayur

Kepala-BPS-Riau-Aden-Gultom.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, Aden Gultom menyebutkan bahwa lontong sayur merupakan salah satu komoditas utama yang mengalami inflasi di bulan Maret 2019 silam.

Tidak hanya itu, selain lontong sayur dan bawang merah, angkutan udara, udang basah, bawang putih dan mie kering instan juga dianggap sebagai komoditas utama yang mengalami kenaikan harga.

"Komoditas utama yang mengalami inflasi dan memberikan andil terbesar adalah bawang merah, ketupat atau lontong sayur, angkutan udara, udang basah, bawang putih, dan mie kering instan," katanya, Senin, 1 April 2019.

Menurutnya, ketupat atau lontong sayur tersebut memberikan besaran inflasi Riau dengan nilai 0,06 persen yang dikelompokkan dan digolongkan masuk dalam makanan jadi.


Sementara makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau memiliki andil bagi inflasi Riau sebesar 0,08 persen.

Terakhir, kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan memberikan sumbangan 0,04 persen dan kelompok sandang 0,01 persen.

Sehingga, jika ditotalkan inflasi Riau di bulan Maret 2019 silam sebesar 0,11 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 136,30.