Wow, Siak Dianugerahi Penghargaan Indonesia Green City Award 2017

Indonesia-Green-Award-2017.jpg
(The La Tofi School of CSR)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Riau, Yan Prana Jaya, tak menyangka Kabupaten Siak Sri Indrapura meraih penghargaan Indonesia Green Awards 2017.

Penghargaan yang akan diberikan pada Rabu, 3 Mei 2017 itu adalah hasil kerja keras Kabupaten Siak Sri Indrapura selama ini yang terus dan tanpa henti memiliki semangat dan berkomitmen dalam kebijakan pembangunan daerah berwawasan lingkungan.

"Alhamdulillah, Siak terpilih dalam penghargaan kategori green city," katanya, Rabu, 26 April 2017 silam.

Dirinya baru mengetahui perihal penghargaan tersebut setelah menerima surat pemberitahuan dari penyelenggara, The La Tofi School of CSR mengandeng Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Baca Juga: Siak Borong Adipura dan Adiwiyata, Pekanbaru Nihil Penghargaan


"Saya pun tidak menduga bahwa program pembangunan berbasis pemeliharaan lingkungan yang diterapkan itu mendapat apresiasi lebih dari pegiat lingkungan dan pemerintah pusat dengan program berwawasan lingkungan yang sudah jadi komitmen kami sejak lama," ujar Yan.

Program berbasis lingkungan yang telah disusun dengan rapi dan apik itu di antaranya program hutan untuk rakyat di lima desa, melarang pendirian bangunan membelakangi sungai siak, mendorong peningkatan status suaka margasatwa Danau Zamrud menjadi taman nasional, merancang ekowisata Danau Naga Sakti serta program satu rumah satu pohon dengan mengimbangi seruan kepada masyarakat agar berpartisipasi memelihara lingkungan.

"Kami libatkan masyarakat untuk menanam pohon di setiap rumah, jika ada seribu rumah, artinya ada seribu pohon bakal menghijaukan Siak," jelasnya mantap.

Klik Juga: Wow, Siak Jadi Tamu Khusus Peringatan Hari OTDA Ke XXI Tahun 2017 Nasional

Untuk hutan rakyat, Pemkab menekankan kepada masyarakat desa agar memelihara hutan alam tersisa seluas 200 hektar di sekitar desa yang disertai dengan pendampingan.

Sebelumnya, Siak merupakan daerah pertama yang ditunjuk Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dalam perayaan puncak hari lingkungan hidup sedunia pada 2016 lalu.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline