Dua Pasien Positif Covid-19 Kuansing Miliki Riwayat Perjalanan Pekanbaru dan Sumut

Positif-Corona.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuansing, Riau mengumumkan adanya 13 penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kuansing, Jumat, 23 Oktober 2020. Ada satu pasien dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Dua dari 13 penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 hari ini (Jumat,red) memiliki riwayat perjalanan dari Pekanbaru dan Sumatera Utara.

Mereka adalah Tn BAP (15) asal Sentajo Raya dilabeli pasien 244 terkonfirmasi Covid-19 di Kuansing dan saat ini sudah isolasi mandiri. Tn BAP (15) memiliki riwayat perjalanan dari Pekanbaru.

Pulang dari Pekanbaru yang bersangkutan mengeluhkan deman dan batuk. Tn BAP (15) melakukan pemeriksaan swab 20 Oktober 2020 dan hari ini hasilnya keluar terkonfirmasi positif Covid-19.

Satu lagi pasien yang memiliki riwayat perjalanan adalah Ny SM (24) asal Logas Tanah Darat dilabeli pasien 250 terkonfirmasi Covid-19 di Kuansing dan saat ini sudah isolasi mandiri.

Ny SM (24) ternyata memiliki riwayat perjalanan dari Sumatera Utara. Saat dilakukan pemeriksaan rapid test, hasilnya reaktif. Selanjutnya Ny SM (24 TH) melakukan pemeriksaan swab 21 Oktober 2020 dengan hasil positif Covid-19.

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuansing, Agusmandar mengingatkan, dengan semakin meningkatnya kasus konfirmasi positif di Kuansing dihimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama melakukan upaya mencegah dan memutus mata rantai penularan Covid-19.

Caranya katanya, dengan menerapkan 3 M yakni memakai masker bila keluar rumah dan di tempat kerja. Mencuci tangan menggunakan sabun dan menjaga jarak.

"Kami juga menghimbau kepada msyarakat untuk tetap menjaga kewaspadaan. Walaupun tidak sakit, belum tentu orang yang kita temui itu negatif Covid-19 dan tidak menyebarkan virusnya. Maka pilihan yang terbaik adalah tetap di rumah dan hindari keramaian," kata Agusmandar, Jumat, sore.

Satgas juga menghimbau agar warga untuk selalu menjaga pola hidup sehat, makan buah dan sayuran, rutin berolahraga dan istirahat yang cukup serta konsumsi vitamin.

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Kabupaten Kuansing update per Jumat, 23 Oktober 2020 total terkonfirmasi berjumlah 256 kasus dengan rincian 61 isolasi mandiri, 10 dirawat, 176 sembuh dan 9 meninggal dunia. Sementara total suspek berjumlah 110 orang dengan rincian 6 dirawat, 84 sembuh dan 20 meninggal dunia.