Satu Kasus Positif DBD, Dinkes Kuansing Lakukan Fogging di Desa Pesikaian Cerenti

Pengasapan-Fogging.jpg
(INTERNET)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Dinas Kesehatan Kabupaten Kuansing melakukan fogging untuk mencegah penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) di Desa Pesikaian, Kecamatan Cerenti. Sebelumnya di desa tersebut dilaporkan terdapat satu kasus positif DBD.

"Di Cerenti ada tambahan satu kasus positif DBD, di Desa Pesikaian," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Diskes Kuansing, Jumardi, Selasa, 23 Juni 2020.

Jumardi mengatakan, petugas sudah turun melakukan fogging di lapangan untuk mencegah terjadi penyebarannya kasus DBD di wilayah tersebut. "Kemarin pasien positif DBD dirawat di RSUD Teluk Kuantan, kini kabarnya sudah pulang," katanya.

Untuk jumlah kasus DBD bulan ini belum diketahui, petugas saat ini masih ikut membantu melakukan tracing di lapangan. "Belum kita total, baru-baru ini ada satu kasus DBD," katanya.

Berdasarkan data Dinkes Kuansing sebelumnya, terhitung sejak Januari - April 2020 jumlah kasus DBD di Kuansing mencapai 180 kasus dan dua meninggal dunia.

Untuk mengantisipasi dan mencegah DBD terjadi, warga dihimbau untuk mengoptimalkan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan mengubur, menutup dan menimbun (3M) barang-barang bekas.

Jumardi juga mengajak masyarakat untuk selalu giat melakukan gotong royong membersihkan tempat penampungan air dan menutup tempat penampungan air supaya nyamuk tidak lagi bisa bersarang di sana.