´╗┐

Tiga Warga Positif Covid-19, Dua Desa di Kuansing Akan Jalani Swab Massal

swab-masal.jpg
(istimewa)

Laporan: ROBI SUSANTO 

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Warga dua desa di Kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuansing, Riau akan menjalani test swab massal. Ini menyusul ada tiga warganya terkonfirmasi positif Covid-19.

Warga yang akan dilakukan test swab massal adalah warga Suka Maju dan Beringin Jaya termasuk warga yang bermukim di perusahaan yang ada di sekitar desa.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuansing, Agusmandar melalui keterangannya mengatakan, dari hasil rapat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuansing ada beberapa langkah yang akan diambil.

Langkah tersebut menindaklanjuti pers rilis Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Riau terhadap swab 3 orang warga Kuansing yang terkonfirmasi positif Covid-19 yakni Tn GH (45), Tn RS (45), Ny RM (42).

Ketiganya merupakan warga Kecamatan Singingi Hilir diduga memiliki kontak langsung dengan pasien terkonfirmasi positif sebelumnya yakni TJM (40) warga Batam berkunjung ke Kuansing.

Berdasarkan hasil rapat yang dipimpin Bupati Kuansing, disampaikan Agusmandar, pertama Tim segera melakukan penjemputan terhadap tiga orang pasien terkonfirmasi positif Covid-19 ke RSUD Teluk Kuantan. Kedua melakukan penyemprotan disinfektan di area publik di Sukamaju dan Beringin Jaya.

Kemudian melakukan tracing terhadap tiga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Tim juga akan melakukan test swab massal terhadap warga Desa Suka Maju dan Beringin Jaya termasuk permukiman perusahaan yang ada di dalamnya.

Menerapkan protokol kesehatan diarea pasar. Kemudian menutup sementara pelayanan di Puskesmas Beringin Jaya. Pelayanan dialihkan ke Puskesmas Sungai Buluh dan Puskesmas Koto Baru.

Kemudian untuk mencegah penyebaran wilayah terjangkit, maka akan dilakukan PSBB lokal sesuai dengan regulasi dan petunjuk dari pemerintah pusat dan provinsi.

Mengaktifkan Poskowas di desa Suka Maju, dan membangun 3 Poskowas baru sebagai pintu masuk dan keluar menuju desa Suka Maju dan desa Beringin Jaya.

"Kepada warga masyarakat desa Suka Maju dan desa Beringin Jaya agar selalu menerapkan protokol kesehatan," pungkasnya.