Komperensi Tampung Aspirasi Mulai Jalan Hingga Rumah Layak Huni

komperensi-reses.jpg
(robi)

Laporan: ROBI SUSANTO 

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau, Komperensi menggelar reses di kampung halamannya di Kabupaten Kuansing selama bulan Desember 2019 ini.

Sedikitnya ada 16 titik lokasi tempat reses yang ia datangi. Selain menampung aspirasi masyarakat, kegiatan reses juga menjadi ajang silaturahmi antara masyarakat dengan dirinya.

Bahkan setiap tempat reses yang ia datangi masyarakat selalu saja antusias menyambut kedatangannya.

"Banyak aspirasi disampaikan masyarakat, Insyaallah saya bisa memperjuangkannya," kata Komperensi, Senin, 30 Desember 2019.

Sejumlah aspirasi yang ia terima di antaranya mulai pembangunan peningkatan jalan provinsi untuk semua wilayah yang ada di Kuansing.

Kemudian ada juga usulan pembangunan Rumah Layak Huni (RLH), bantuan ternak, lampu jalan, jaringan pengembangan listrik tepat sasaran dan bantuan bibit buah-buahan.

Selain itu masyarakat di tiga desa mulai Tanjung, Sungai Alah dan Sungai Pinang Kecamatan Hulu Kuantan mengusulkan pembangunan jembatan menuju daerah seberang.

"Kalau tidak bisa jembatan rangka jembatan gantung jadi la," kata Komperensi menirukan ucapan masyarakat tiga desa tersebut.

Menurut Komperensi, memang sebagian besar masyarakat tiga desa di Kecamatan Hulu Kuantan ini memiliki mata pencaharian di daerah seberang yang dibatasi oleh Sungai Kuantan.

"Bagi masyarakat yang tidak memiliki perahu itu kadang mereka harus memutar arah cukup jauh untuk bisa sampai ke kebun mereka," katanya.

Kemudian masyarakat tiga desa ini juga mengusulkan pembangunan jaringan irigasi untuk mengairi areal persawahan.

Selain itu kata Komperensi, juga ada aspirasi dari masyarakat tiga desa mulai Saik, Pebun Hulu dan Pebaun Hilir Kecamatan Kuantan Mudik mengusulkan pembangunan pompanisasi.

Selanjutnya aspirasi lainnya juga disampaikan masyarakat sejumlah desa di Kuantan Mudik agar dibangun turap penahan tebing di tepi Sungai Kuantan terutama di desa Banjar Padang, Pulau Binjai dan Seberang Pantai.

"Kondisinya memang semakin hari semakin kritis, dan ini perlu penanganan cepat nantinya," katanya.

Kemudian di bidang pendidikan masyarakat kata Komperensi juga mengusulkan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan terutama ruang kelas baru.

Dan untuk Desa Sungai Keranji Kecamatan Singingi, Tanjung Pauh Kecamatan Singingi Hilir dan Hulu Kuantan itu masyarakat minta dibangun SMK.

"Aspirasi masyarakat ini akan saya bawa ke paripurna, tentu akan kita perjuangan pada 2021 mendatang," pungkasnya.

Karena memang untuk 2020 ini tidak memungkinkan lagi untuk diperjuangkan karena APBD Riau 2020 sudah ketuk palu.

-->