Aktual, Independen dan Terpercaya


Pelayanan Puskesmas Pangean Dapat Sorotan DPRD Kuansing

suprigianto.jpg
(istimewa)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Buruknya pelayanan kesehatan di Puskesmas Pangean, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau mendapatkan sorotan saat hearing di Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kuansing belum lama ini.

Anggota Komisi III DPRD Kuansing, H Suprigianto sempat mempertanyakan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kuansing terkait pelayanan kesehatan di Puskesmas Pangean. Politisi Partai Keadilan Sosial (PKS) ini mengaku banyak mendapatkan laporan dari masyarakat soal buruknya pelayanan di Puskesmas Pangean.

Dari laporan yang ia terima, masyarakat lebih memilih berobat ke Puskesmas Logas Tanah Darat yang berada di Desa Perhentian Luas daripada harus berobat ke Puskesmas Pangean. Padahal keduanya sama-sama berstatus Puskesmas Rawat Inap.

"Masyarakat mengaku lebih nyaman berobat ke Puskesmas LTD daripada Puskesmas Pangean, ini yang kita pertanyakan," ujar politisi PKS ini, Kamis, 31 Oktober 2019.

Suprigianto juga menerima laporan dari masyarakat kalau pasien yang dirawat di Puskesmas Pangean tidak diberi makan oleh pihak Puskesmas.

"Waktu itu dijawab oleh Kadis, statusnya tidak sama dengan Puskesmas LTD pak," ujar Suprigianto menirukan ucapan Kadis Kesehatan.

Kadis waktu itu kata Suprigianto mengatakan, pada 2020 akan dianggarkan untuk makan minum pasien rawat inap di Puskesmas Pangean.

"2020 ada kata Kadis kemarin, tahun ini tidak ada," ujar Suprigianto lagi menirukan ucapan Kadis Kesehatan.

Keluhan lain yang ia terima dari masyarakat kata Suprigianto, yang melayani pasien berobat ke Puskesmas Pangean seringkali tenaga honor daripada tenaga PNS.

Kemudian soal piket jaga di Puskesmas, warga juga mengeluh terutama saat dirawat setelah dipasang infus lalu tidak lagi diperhatikan, kadang baru dilihat setelah pagi hari.

"Selama ini sudah terbangun imej yang kurang bagus di Puskesmas Pangean maka kita tanya kepada Dinas Kesehatan. Pelayanan prima memang belum ketemu disana," ujar Suprigianto.

Menurutnya, masyarakat inginnya berobat ke Puskesmas supaya bisa sehat, tapi bukan tambah sakit melihat buruknya pelayanan. Suprigianto berharap ini menjadi perhatian serius Dinas kesehatan.

Menanggapi laporan dari masyarakat tersebut, saat hearing dengan Komisi III DPRD Kuansing Kepala Dinas Kesehatan katanya, janji akan memberikan teguran kepada Puskesmas Pangean dan akan turun melihat kondisi tersebut kelapangan.