Aktual, Independen dan Terpercaya


Tes CPNS Untuk 260 Kuota Hampir Dipastikan Digelar di Kuansing

BKD-Kuansing.jpg
(RIAUONLINE)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau menyatakan tempat pelaksanaan Ujian Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hampir dapat dipastikan dilaksanakan di Kabupaten Kuansing.

"Informasi terbaru bahwa pelaksanaan ujian CPNS untuk infrastruktur sarana dan prasarana menjadi tanggungjawab instansi di masing-masing daerah," ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala BKPP Kuansing melalui Kepala Bidang Administrasi, Iwan Susandra kepada RIAUONLINE.CO.ID, Sabtu, 26 Oktober 2019.

Ini artinya menurut Iwan, tempat pelaksanaan ujian tes CPNS berkemungkinan besar akan digelar di daerah. Kita diminta untuk mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari sekarang. "Hampir pasti kalau tidak ada halangan," ucapnya.

Menurut Iwan, sebenarnya ini bukan informasi baru, tapi wacana ini sudah cukup lama, namun baru kemarin disampaikan kapastiannya kepada masing-masing daerah. "Sebenarnya ini sudah lama kepastiannya baru kemarin," ujar Iwan lagi.

Kemudian disampaikan Iwan, untuk persiapan tentunya akan disampaikan kepada pimpinan apakah akan melakukan koordinasi kerjasama dengan sektor pendidikan. Mengingat kita tidak memiliki sarana dan prasarana terutama komputer.

"Apakah tes ini akan dilaksanakan menggunakan komputer SMA/SMK atau SMP. Kalau memungkinkan memang kita minta di SMP," katanya.

Kemudian pelaksanaan tes akan menggunakan gedung mana nantinya, menurut Iwan, semuanya tentu akan disampaikan kepada pimpinan. "Mungkin bisa di SMA Pintar karena parkirnya cukup luas, atau bisa ditempat lain, bisa digabung tempatnya," ujar Iwan.

Terkait kapan penerimaan CPNS ini mulai dibuka, disampaikan Iwan, kita masih menunggu rapat di Provinsi untuk persamaan persepsi mulai dibukanya penerimaan CPNS. "Belum tahu kapan akan dibuka, kita masih menunggu rapat dengan Provinsi untuk persamaan persepsi," katanya.

Apabila tes CPNS dilaksanakan didaerah, BKPP kata Iwan, juga sudah mengajukan anggaran untuk persiapan mulai tahun 2019 ini. "Kita berharap dapat dipergeseran anggaran, karena untuk penerimaan ini kita juga butuh anggaran," katanya.

Menurut Iwan, anggaran tersebut mulai untuk seleksi administrasi, konsumsi, perjalanan dinas, alat tulis kantor, termasuk anggaran untuk persediaan jaringan wifi di tahun 2019.

"Untuk 2020 kita usulkan anggaran untuk pelaksanaan, mungkin nanti anggarannya bisa berkaitan dengan sewa tenda atau sewa gedung," pungkasnya.

Dari pemeberitaan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Kuansing, Riau telah mengumumkan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2019. Dimana Kabupaten Kuansing mendapatkan 260 kuota formasi CPNS Tahun 2019 ini.

Formasi untuk tenaga guru terbanyak bila dibandingkan formasi tenaga kesehatan dan tenaga teknis. Dari 260 kuota yang diberikan pusat dengan rincian 132 untuk tenaga guru, 79 tenaga kesehatan dan 49 tenaga teknis.