Polisi Kawal Ketat Logistik Pilkada Pelalawan yang Besok Didistribusikan

Logistik-pilkada-pelalawan.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PANGKALAN KERINCI-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pelalawan Riau, Besok, Sabtu 5 Desember 2020 mulai mendistribusikan logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pelalawan tahun 2020.

Logistik pelaksanaan Pilkada akan dikirimkan ke 12 kecamatan untuk digunakan pada hari pencoblosan 9 Desember mendatang.

Setelah diterima ditingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), logistik kemudian diteruskan ke tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa dan keluran, untuk selanjutnya disebar ke masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan diterima Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).


Penyelenggara memprioritaskan daerah-daerah yang jauh serta di bagian pesisir Pelalawan.

Sebab membutuhkan waktu yang cukup lama dengan alat transportasi air.

Hal ini memang sudah biasa dilakukan penyelenggara setiap pelaksanaan pesta demokrasi.

"Mulai besok kita distribusi logistik ke Kecamatan Kuala Kampar dan Teluk Meranti. Ini daerah paling jauh dan dibagikan perairan," kata Ketua KPU Pelalawan, Wan Kardiwandi Jumat 4 Desember 2020.

Wan Kardiwandi mengungkapkan, prioritas pengiriman logistik sesuai dengan jarak tempuh masing-masing daerah dari ibukota kabupaten.

Tanggal 6 sampai 8 Desember, pengiriman logistik dilanjutkan ke daerah daratan sesuai jarak tempuh terjauh seperti Kecamatan Kerumutan dan Ukui, serta wilayah terdekat yakni Pangkalan Kerinci.

Dalam pengiriman logistik Pilkada, KPU Pelalawan mengawal prosesnya mulai dari berangkat hingga tiba di lokasi.

Selain Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), personil polisi dari Polres Pelalawan juga mengwasi ketat penyaluran logistik.

Menghindari adanya kecurangan atau hal-hal yang merugikan serta menghambat proses pemilihan.

Saat ini KPU sedang melakukan pengepakan terhadap logistik yang akan disalurkan ke daerah-daerah yang terbagi dalam 850 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Semua logistik telah diterima penyelenggara mulai dari kertas suara, kotak, bilik, berita acara, hingga Alat Pelindung Diri (APD) telah diterima.

"Kita sudah kepak logistik sesuai dengan TPS masing-masing. Tinggal pengiriman saja," tambahnya.

Seluruh logistik pencoblosan Pilkada disimpan dalam gudang KPU yang disewa di Jalan Sultan Syarif Hasyim.

Tepat bersebelahan dengan kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pelalawan. Lokasi itu dijaga ketat personil kepolisian beserta petugas KPU