Ciptakan Pilkada Damai, Polres Pelalawan Gandeng Ulama dan Tokoh Agama

Pilkada-Damai2.jpg
(istimewa)
LAPORAN: RISKI APDALLI
 
RIAU ONLINE, PANGKALAN KERINCI-Dalam rangka menciptakan kondisi kondisi damai di Pilkada serentak 2020 mendatang, Polres Pelalawan menggandeng ulama dan tokoh agama di Kabupaten Pelalawan.
 
Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Pelalawan, AKBP Indra Wijatmiko, S.IK, didampingi Kasat Intelkam IPTU Sohermansyah, SH beserta jajaran intel, dan diikuti oleh ketua FPK Pelalawan, H.T Nahar, Ketua MUI Pelalawan,H. Izwadi M Yazid, Lc, M.A, beserta seluruh Ulama dan Tokoh Agama Kabupaen Pelalawan.
 
Pada giat yang dilaksanakan pada Rabu, 9 September 2020 itu, Ulama dan Tokoh Agama sepakat mendeklarasikan pemilihan kepala dearah (Pilkada) damai pada Pilkada serentak mendatang.
 
"Harapan kami kepada para Tokoh Agama dan Ulama dapat turut serta menciptakan Pilkada yang aman dan damai. Silahkan menentukan pilihan, namun tetap menjaga soliditas dan Kondusifitas pada Pilkada Serentak dalam rangka menciptakan Kamtibmas yang kondusif," harap Kapolres Indra.
 
Selain itu, tambah Kapolres, di wilayah Kabupaten Pelalawan sedang terjadi Pandemi Covid-9 yang banyak menimbulkan Korban Terkonfirmasi Positif. Atas insiden tersebut, pihaknya juga menghimbau para Tokoh Agama dan para Ulama dapat mendukung penuh upaya Polri dalam rangkaian penanganan Covid-19.
 
"Jadi kedepan, kegiatan silaturahmi Tokoh Agama dan Ulama  secara Jenjang Komando akan dilaksanakan hingga tingkat Desa atau Bhabinkamtibmas guna menciptakan Pilkada Serentak Kabupaten Pelalawan tahun 2020 yang aman dan damai," terang Kapolres Indra.
 
Menanggapi hal tersebut, ketua Forum Pembaharuan Kebangsaan (FPK) Pelalawan, Tengku Nahar, mendukung untuk menjaga situasi yang kondusif dan berharap agar adanya silahturahmi dangan para pasangan calon (Paslon).
 
"Dengan tujuan deklarasi Pilkada damai secara bersama dan mendukung upaya Polri dalam penanganan Penyebaran Covid-19 terutama pada Pelaksanaan Pilkada serentak Kabupaten Pelalawan, guna mencegah timbulnya Cluster baru penyebaran Covid-19," paparnya.
 
Semntara itu, dukungan juga disampaikan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pelalawan, Izwadi Yazid, Lc, M.A, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi agenda yang diinisiasi Kapolres Pelalawan dalam menciptakan Harkamtibmas yang kondusif pada Pilkada serentak tersebut.
 
"Kita sangat mengapresiasi, diharapkan nantinya setiap penyelesaian masalah dalam perbedaan pandangan aliran kepercayaan agar lebih mengkedepankan upaya mediasi dan diskusi guna persamaan persepsi dari perbedaan yang muncul demi kemaslahatan ummat beragama," kata ketua MUI Pelalawan