Pekanbaru dan Kampar Dominasi Tambahan Kasus Positif Covid-19

mimi-kadinkes.jpg
(Lukman)

Laporan: LUKMAN PRAYITNO

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar mendominasi penambahan kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Riau pada Kamis (3/9/2020). Bahkan dari 106 kasus tambahan, terdapat 41 kasus di Kota Pekanbaru dan 28 kasus di Kabupaten Kampar.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir kepada Riau Online. Menurutnya banyaknya tambahan kasus terkonfirmasi positif covid-19 hari ini didominasi oleh kontak erat serumah. Sisanya merupakan hasil tracing dan swab mandiri.

"Banyak tambahan kasus tertular covid-19 karena memiliki kontak erat dengan pasien sebelumnya. Contohnya kontak erat pasien ke-1440 tuan J (42) warga Kampar, setidaknya ada tiga pasien tambahan karena memiliki kontak erat dengannya," ujar Mimi.

Ketiga pasien tambahan tersebut yaitu tuan MS (38), nyonya T (45) dan bayi perempuan berusia 7 bulan BAN. Ketiganya merupakan warga Kabupaten Kampar dan saat ini menjalani isolasi mandiri.

Sementara itu selain Kota Pekanbaru dan Kampar, di Kabupaten Siak 12 kasus, Kota Dumai terdapat tambahan 8 kasus, Rokan Hulu 7 kasus. Kemudian Kabupaten Bengkalis 4 kasus, Kuantan Singingi 3 Kasus, Indragiri Hilir 1, Pelalawan 1 dan Rokan Hilir 1.

"Dengan tambahan 106 pasien baru, jumlah akumulatif kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Riau mencapai 2.136 kasus. Namun 1.062 diantaranya telah sembuh dan dipulangkan. Disampin itu ada satu pasien asal Pelalawan meninggal dunia atas nama nyonya SW (42)," jelasnya.