Malam Ini Mushalla Al Ikhlas Simpang Tiga Taja Kajian Rutin Bersama KH Idrus Ramli

Kajian-Rutin-Idrus-Ramli.jpg
(Istimewa)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Masjid atau mushalla seringkali disebut masyarakat sebagai rumah Allah SWT yang berfungsi untuk menunaikan ibadah salat bagi umat muslim. Tempat ibadah umat muslim ini, juga sering dimanfaatkan untuk proses belajar mengajar pendidikan Alquran atau Ngaji.

Selain dapat menegakkan agama Allah SWT, masjid dan mushalla juga berfungsi untuk mewujudkan kesejahteraan dan ketertiban sosial melalui kajian-kajian keagamaan. Di dalam masyarakat yang majemuk, seperti Indonesia, maka masjid dapat difungsikan untuk memberikan dakwah yang bersifat menyejukkan dalam praktik kehidupan sehari-hari.

Sebagai salah satu sarana rumah ibadah di perumahan, kehadiran mushalla sangat dibutuhkan bagi warga, terkhusus warga yang berada di Perumahan Pesona Jati Asri Simpang Tiga.

Mushalla Al Ikhlas yang berada dalam lingkungan Perumahan Pesona Jati Asri ini didirikan oleh warga yang sangat merindukan dan merasakan arti pentingnya mushalla.

 

 

“Modal awal pendirian Mushalla ini adalah urunan dan infaq bersama warga yang ada di perumahan. Dari kekuatan dan kebersamaan jamaah serta warga, dengan Bismillah kami bertekad untuk mendirikan Mushalla Al Ikhlas ini," ujar Ketua Mushalla Al Ikhlas, Jumrianto, Rabu, 7 September 2022.

“Meski hanya dengan bermodal seadanya, Alhamdulillah kami mendapat bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Angkasa Pura II sebesar Rp 25 juta. Pada tanggal 18 Desember 2020 lalu, bersama Eksekutif General Manajer PT Angkasa Pura II, Yogi Prastyo Suwandi, Camat Bukit Raya dan Lurah Simpang Tiga, peletakan batu pertama pendirian Mushalla Al Ikhlas dimulai. Dan berkat infaq dan shadaqah yang terkumpul, Mushalla Al Ikhlas sudah dapat dimanfaatkan pada bulan Ramadhan 1443 H lalu untuk melaksanakan Shalat Tarawih. Meski dalam keadaan belum 100 persen siap, Mushalla Al Ikhlas sudah bisa digunakan untuk pelaksanaan salat,” urai Jumrianto.

 

 

“Setelah mushalla dapat dimanfaatkan untuk pelaksanaan salat 5 waktu, untuk lebih memakmurkan mushalla, telah diadakan pelaksanaan tahsin buat jamaah. Juga telah rutin diadakan kajian imu agama untuk menambah wawasan dan pendalaman keislaman bagi jamaah," terangnya.

Untuk September ini, kata dia, Musala Al Ikhlas mendapat tamu Istimewa, yaitu KH Idrus Ramli, untuk kajian malam ini. KH Idrus Ramli adalah Ulama yang sangat terkenal dan juga mempunyai kemampuan yang sangat berlebih dalam hal pemahaman tentang ASWAJA, namanya sangat terkenal di seluruh Indonesia, bahkan pemahaman beliau sampai tentang ASWAJA sampai terkenal di luar negeri.