Sejumlah Daerah di Riau Berpotensi Diguyur Hujan Hari Ini

Hujan49.jpg
(istimewa)

 

LAPORAN: TIKA AYU

 

RIAUONLINE, PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Riau memperkirakan potensi hujan dengan intensitas ringan, hingga cerah berawan di Bumi Lancang Kuning, Kamis, 4 Agustus 2022.

Forecaster On Duty BMKG Stasiun Pekanbaru, Fitri, mengatakan hujan dengan intensitas rendah akan terjadi di beberapa kabupaten kota di Riau,  diantaranya Kabupaten Rokan Hulu dan Kabupaten Rokan Hilir.

"Potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di pagi hari," ungkapnya. 

Sedangkan pada siang hari, disebutkan Fitri, potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, dan Kabupaten Kepulauan Meranti.

Disebutkan Fitri, potensi cuaca serupa juga akan terjadi di malam hari dengan intensitas ringan i di tiga titik kabupaten di Riau. 

 

 

"Terjadi hujan intensitas ringan di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Kabupaten Indragiri Hulu, dan Kabupaten Indragiri Hilir,"  tuturnya.

Sedangkan cuaca cerah berawan akan berlangsung mulai siang hingga malam. Pada Siang hari sampai malam cerah berawan terjadi Kabupaten Inhu dan Kabupaten Inhil. Cuaca cerah berawan di siang hari hanya berlangsung di Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Potensi cerah berawan pada Malam hari juga terjadi di Kabupaten Kampar," beber Fitri.  

Menurut data BMKG Provinsi Riau, suhu udara per 4 Agustus berada di kisaran 22.0 – 32.0 derajat celcius, disertai kelembaban udara di kisaran 55 sampai 98 persen.

"Kecepatan angin, Selatan hingga Barat 10 sampai 35 km/jam, dengan prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 sampai 1.25 meter berarti statusnya rendah," sebut Fitri.