Salurkan Vaksin Covid-19 ke Daerah, Diskes Gunakan Cold Chain, Ini Fungsinya

vaksin-sinovac2.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Demi menjangkau daerah terpencil, Dinas Kesehatan Provinsi Riau telah menyiapkan Cold Chain, guna mendistribusikan vaksin Covid-19 ke daerah yang sulit dijangkau agar vaksin tetap aman dan tidak rusak, Kamis, 7 Januari 2021.

Pendistribusian vaksin ke daerah yang sulit dijangkau, Dinas Kesehatan Provinsi Riau telah menyiapkan Cold Chain untuk membawa vaksin ke daerah terpencil.

Cold chain merupakan, alat pendingin untuk menyimpan vaksin yang berguna untuk pelayanan imunisasi di luar gedung atau lapangan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, mengatakan, pihaknya sudah memiliki standar penyimpanan vaksin, khusus untuk pengiriman vaksin ke berbagai daerah, Dinas Kesehatan Provinsi Riau telah menyiapkan cold chain dan cold box.

“Untuk membawanya ke kabupaten dan kota di Riau, kita gunakan cold chain, di setiap kabupaten dan kota sudah memiliki Cold Chain, suhu di dalamnya itu 2 derajat celcius sampai 8 derajat celcius,” terang Mimi.

Mimi, menambahkan, untuk cold room atau ruang pendingin, hanya terdapat di dua daerah, yakni di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Rokan Hulu.

“Penyimpanan di Provinsi Riau kita ada cold room, dan ada satu lagi kabupaten yang memiliki cold room yaitu Kabupaten Rokan Hulu,” jelasnya.

Pendistribusian vaksin Sinovac ke puskesmas di kabupaten dan kota di Riau, nantinya akan menggunakan cold chain.

“Pihak puskesmas sudah biasa melakukan imunisasi secara rutin dengan kondisi yang sama, maka untuk penyimpanan tidak ada yang beda, hanya yang perlu diperhatikan adalah kondisi saat dibawanya,” tutupnya.