Bank Sampah Jadi Solusi Jitu Permasalah Sampah di Pekanbaru

sampah-menumpuk.jpg
(muthi)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sampah menumpuk di beberapa titik di Kota Pekanbaru. Tidak hanya di Tempat Pembuangan Sementara (TPS), tapi juga ada di halaman-halaman warga. Terkait hal ini, Pengamat Kebijakan Publik sebut bank sampah bisa jadi solusi. 

 

Pengamat Kebijakan Publik, Rawa El Amady mengatakan, jika bank sampah dikelola dengan baik dan berkembang pesat,  maka persoalan sampah di Pekanbaru tidak akan terjadi lagi.

 

Menurut Rawa, sampah plastik bisa diolah menjadi suatu barang yang sangat bermanfaat, sedangkan sampah organik bisa dijadikan pupuk. Pemerintah jangan berfikir persoalan sampah itu memindahkan sampah dari satu tempat ketempat yang lain. 

 

"Tapi pemerintah harus berpikir jangka panjang yang lebih sistematis," katanya. 

 

Rawa berpendapat,  permasalahan sampah di Kota Pekanbaru juga akibat dari pola pikir pengelolaan sampah yang masih terbatas oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. 

 

"Jika bank sampah sudah aktif, harus diadakan hingga tingkat RT," ujarnya. 

 

Sampah-sampah itu jika diolah dengan baik, bisa menjadi sesuatu hal yang menghasilkan bagi masyarakat. Tentu saja menurut Rawa dengan cara memproduksi sampah menjadi barang yang bermanfaat. Seharusnyabank sampah menjadi fokus kerja utama Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru. 

 

 

"Jadi bukan masyarakat lagi membayar sampah, justru sampah mendatangkan uang ke masyarakat," pungkasnya.