Vaksin Covid-19 Dijadwalkan Tiba di Pekanbaru Besok Pagi

Disuntik-vaksin-corona.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Vaksin Covid-19 buatan Sinovac China yang didistribusikan pemerintah pusat molor tiba di Pekanbaru. Sebelumnya dijadwalkan vaksin akan tiba sore ini, Senin 4 Januari 2021. Namun informasi terbaru, vasin akan tiba di Pekanbaru Selasa, 5 Januari 2021.

Sebab hingga Senin sore ini, truk yang membawa 20 ribuan dosis vaksin Covid-19 masih terpantau di sekitaran sungai Lilin, Palembang.

"Posisi sampai sekarang masih di Sungai Lilin, Palembang, kalau kita hitung-hitung besok subuh sudah sampai lah di Pekanbaru," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Senin 4 Januari 2021.

Setelah sampai di Pekanbaru, vaksin akan langsung dipindahkan dari kontainer ke tempat penyimpanan khusus obat-obataan yang berada di Unit Pelayanan Teknis (UPT) Instalasi Farmasi dan Logistik Kesehatan, Jalan Kesehatan, Senapelan Pekanbaru.

"Nanti kita simpan di sana dulu, sambil menunggu pelaksanaan vaksinasinya," katanya.

Mimi mengungkapkan, proses pengiriman Vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat melalui PT Bio Farma (Persero) ke Riau tidak dikirim melalui jalur udara. Namun dibawa dengan menggunakan truk kontainer lewat jalur darat. Selain Riau, disaat bersamaan juga distribusikan vaksin Covid untuk 14 Provinsi di Indonesia.

Nantinya lanjut Mimi, begitu vaksin itu tiba di Riau langsung dititipkan di Unit Pelayanan Teknis (UPT) Instalasi Farmasi dan Logistik Kesehatan Diskes Riau, di Jalan Kesehatan Kota Pekanbaru. Selanjutnya, baru didistribusikan di 12 kabupaten/kota.

Mimi menegaskan, proses pelaksanaan vaksinasi Covid-19 akan dilakukan kepada kelompok penerima vaksin covid-19 yang sudah ditetapkan sebagai kelompok prioritas. Sesuai keputusan menteri kesehatan RI ada 6 kelompok prioritas penerima vaksin Covid-19.

Di antaranya adalah tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan, TNI/Polri, aparat hukum, dan petugas yang bekerja di pelayanan publik, seperti di Bandara, pelabuhan, stasiun, terminal, perbankan, PLN, PDAM, dan petugas lainya yang terlibat langsung dalam memberikan pelayanan publik.

“Vaksin ini untuk kekebalan tubuh kita, agar tidak terinveksi virus covid-19, jadi orang yang sudah divaksin akan terbentuk kekebalan tubuhnya” kata Mimi.(*)