Pemprov Riau Gelontorkan Uang Rp 50 Miliar untuk Talangi Vaksin Gratis

uang31.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Setelah sebelumnya Presiden Jokowi memastikan vaksin Covid-19 untuk masyarakat gratis, hal ini disampaikan Jokowi pada Rabu, 16 Desember 2020 melalui YouTube Sekretariat Presiden. 

 

Pemerintah Provinsi Riau melalui Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Riau, Indra menyampaikan anggaran untuk vaksin tersebut masuk dalam Belanja Tak Terduga (BTT) pada APBD Riau 2021. 

 

 

"Dimana telah dianggarkan sebesar Rp. 50 miliar, berapapun anggaran yang dibutuhkan untuk vaksin, telah tersedia di BTT," kata Indra, Rabu, 30 Desember 2020.

 

Menurutnya kita menganggarkan untuk antisipasi dana vaksin, tugas pemerintah provinsi pertama terkait dengan pendistribusian. 

"Kemudian, kedua penyimpanan dan ketiga pengamanan. Kita sudah mengalokasikan di BTT tahun anggaran 2021. BTT kita memang kita siapkan Rp. 50 miliar,” ujarnya. 

 

Ia menjelaskan, untuk jumlah vaksin yang diterima oleh Pemprov masih menunggu arahan dari pemerintah pusat setelah dilakukan pemeriksaan terhadap vaksin yang telah diterima. 

 

"Selanjutnya, dari Dinas Kesehatan yang akan berkoordinasi untuk penerimaan vaksin, dan pihaknya menyiapkan anggaran. Sekarang kita tidak tahu berapa banyak vaksin, dan anggarannya," ungkapnya. 

 

Indra melanjutkan untuk kita mekanisme penyimpanan bagaimana. Kita menyiapkan dari aspek anggaran berapapun anggaran diambil dari BTT. 

 

 

"Dan itu bukan dari Provinsi saja tapi Kabupaten Kota juga. Untuk secara detailnya berapa vaksin diterima di Dinas Kesehatan,” pungkasnya.