Tak Bosan, Sekda Kembali Ingatkan ASN Tak Keluar Kota saat Liburan Nataru

ASN5.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU- Momen Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 semakin dekat. Namun pandemi Covid-19 masih melanda Kota Pekanbaru.

 

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil mengingatkan agar para Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak bepergian ke luar kota. Apalagi bepergian beramai-ramai ke luar kota. 

 

Ia menyarankan, mereka bisa menghabiskan liburan di dalam kota saja. Apalagi pemerintah pusat sudah memotong hari libur saat cuti bersama.

 

 

 

"Kita imbau kepada semua ASN agar tidak keluar daerah," jelasnya, Selasa 15 Desember 2020.

 

Menurutnya, para ASN juga harus mengantisipasi penulararan Covid-19. Mereka bisa menghindari kerumunan untuk sementara. "Kerumunan jadi satu potensi penularan Covid-19. Kita imbau untuk hindari kerumunan pada momen libur akhir tahun ini," imbuhnya.

 

Jamil mengingatkan agar seluruh ASN di jajaran pemerintah kota bisa mengikuti imbauan tersebut. Nantinya ada surat resmi dari Wali Kota Pekanbaru terkait imbauan bagi para ASN. 

 

Sebelumnya, Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mengingatkan agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemerintah kota waspadai penyebaran Covid-19. Bahaya covid masih mengintai hingga kini.

 

Satu klaster yang menjadi perhatian adalah klaster perkantoran. Ia pun mendorong agar kepala OPD bisa meningkatkan kewaspadaan. Caranya dengan peningkatan disiplin mengikuti protokol. Ia tidak ingin klaster perkantoran kembali muncul.

 

"Seluruh kepala OPD harus terbuka dan jujur. Mereka harus terbuka dan jujur saat ada pegawainya memiliki gejala Covid-19," ujarnya.

 

 

Para pegawai dan staf OPD juga harus demikian. Mereka bisa menyampaikan bahwa dirinya punya gejala Covid-19. "Saat ada gejala mulai terlihat sebaiknya bekerja dari rumah dan jalani swab test. Langkah ini sebagai bentuk antisipasi penularan Covid-19 di kantor," ucapnya.