Imut-imut, Lihat Penampakan Bayi Gajah Berumur Sehari di TNTN

TNTN.jpg
(TNTN)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Populasi Gajah Sumatera di Provinsi Riau kembali bertambah, setelah lahir seekor anak gajah di Taman Nasional Teso Nilo (TNTN), Desa Lubuk Kembang Bunga, Kabupaten Pelalawan.

Anak gajah berjenis kelamin jantan ini lahir pada Hari Jumat tanggal 11 Desember 2020, dari induk bernama Lisa di Elephant Flying Squad Balai TNTN.

Dari hasil pengukuran anak gajah baru lahir tersebut, tinggi sekitar 95 centimeter dan berat 100,14 kilogram, Sabtu, 12 Desember 2020.

 

Pelaksana Tugas Kepala Balai TNTN, Hansen Siregar, mengatakan, kondisi anak gajah setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim medis dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, dalam kondisi sehat.

“Induk Gajah Lisa sudah melahirkan sebanyak empat kali, dan yang keempat ini lahir gajah jantan,” terang Hansen.

Hansen, menambahkan, Gajah Lisa melahirkan secara normal dan petugas mengetahui kelahiran setelah pukul 07.00 pagi.

“Gajah Lisa ini melahirkan dengan lancar dan didapati oleh pawang gajah setelah pukul 07.00 pagi, saat mengontrol gajah di Elephant Flying Squad Balai TNTN,” tutur Hansen.

 Dengan lahirnya seekor anak gajah jantan ini, populasi gajah di Taman Nasional Teso Nilo bertambah, total ada sembilan gajah di kawasan TNTN.

“Ada sembilan ekor, dua pasang gajah dewasa, dua ekor gajah remaja, dua ekor anakan gajah, dan terakhir ini yang baru lahir,” kata Plt Kepala Taman Nasional Teso Nilo.

Saat ini, kondisi induk gajah dan anak gajah dalam keadaan sehat, dan Balai TNTN selanjutnya melakukan kordinasi dengan Balai KSDA Riau untuk mendapatkan dukungan perawatan medis dan pemeriksaan satwa.