Berwisata di Asia Farm Serasa Berada di Game Hay Day

Asia-Farm.jpg
(Hidayatul Fitri/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Asia Farm merupakan tempat wisata bermain dengan konsep peternakan. Lokasi asia farm berada di Jalan Badak Ujung, Kelurahan Sail, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau. 

 

Suasana wisata terkesan sangat ceria dengan bangunan berwarna-warni cerah. Tanaman hias sangat banyak ditemui setiap kaki melangkah di tempat wisata ini. Sesuai dengan konsep peternakan yang diangkat, Asia Farm menyediakan berbagai binatang ternak.  

 

 

 

“Asia Farm dibangun terinspirasi dari game yang sangat terkenal yaitu Hay Day dan menyajikan konsep utamanya wisata dan edukasi,” ucap Edi Kartono, akrab disapa Edi, manager Asia Farm pada Jumat, 4 Desember 2020.

 

Edi, mengungkapkan, seorang pendiri Asia Farm memang punya impian ingin memiliki areal peternakan bisa untuk wisata. 

 

 

Asia Farm memiliki lebih dari 23 jenis hewan ternak. Edi, menyatakan, Asia Farm merupakan tempat wisata memiliki koleksi hewan ternak terlengkap di Pekanbaru.

 

“Seperti sapi, kambing, domba, kuda, unggas, ikan, kelinci, marmut dan macam-macam lainnya,” ujarnya. 

 

Alasan pemilihan lokasi Asia Farm saat ini karena kontur lahan dianggap cocok untuk dibangun areal peternakan. Luas lahan sekitar 6 hingga 7 hektar. Lokasi dijadikan tempat wisata Asia Farm merupakan lahan korporasi atau sah secara badan hukum. Saat ini Asia Farm masih terus melakukan perluasan dan pembangunan. 

 

Asia Farm mulai dibangun sejak tahun 2019. Sistem pembangunan di Asia Farm bersifat berkelanjutan dengan terus menghadirkan hal-hal baru. Minimnya tempat wisata di Pekanbaru menjadi satu alasan juga dibangunnya Asia Farm. Asia Farm menerima kunjungan personal (perseorangan). 

 

Tiket masuk dibandrol seharga Rp 25 ribu per orang sudah bisa mengakses semua areal, dapat minuman, dapat kesempatan mencoba satu permainan dan pengundian. 

 

Asia Farm juga menyediakan paket kunjungan khusus family gathering, meeting (rapat) dan camping (perkemahan). Untuk paket family gathering ada harga spesial dengan penawaran diskon 20 persen. 

 

“Untuk anak-anak sekolah juga bisa agar bisa langsung mendapatkan edukasi tentang hewan ternak dan dapat melihat secara langsung. Bisa juga beraktifitas seperti memberi makan hewan ternak dan mencukur bulu domba,” ujarnya. 

 

Data sementara Asia Farm sudah memiliki 33 wahana. Saat ini tempat wisata ini masih terus melakukan pengembangan. 

 

Asia Farm memiliki sekitar 50 orang tim khusus untuk kebersihan, perawatan hewan, perawatan tanaman dan properti. Sebagai tempat wisata Asia Farm selalu menjaga kenyamanan pengunjung.

 

“Kami melakukan pembagian tugas yang jelas,” kata Edi.

 

Menurut Edi, membuka tempat wisata harus memperhatikan konsep sebagai pembeda dengan tempat wisata lainnya. Kemudian harus bisa memiliki daya tarik agar orang ingin berkunjung. Asia Farm berusaha memenuhi ekspektasi pengunjung sesuai dengan yang didapatkan.

 

“Jadi yang paling penting konsepnya, kemudian maintenance (pemeliharaan atau perawatan) dan improvement (perbaikannya),” ungkapnya.

 

Kendala utama membuka tempat wisata di Pekanbaru adalah keadaan cuaca yang panas. Sehingga Asia Farm memberikan fasilitas tempat duduk teduh dan pemasangan paranet demi kenyamanan pengunjung. 

 

Langkah promosi dilakukan Asia Farm yaitu secara offline dan online. Promosi secara offline dilakukan dengan bekerjasama oleh berbagai pihak. Secara online dimaksimalkan menggunakan media sosial. 

 

Asia Farm juga sudah menjalin kerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Riau. 

 

Respon masyarakat sangat positif terhadap kehadiran Asia Farm. Hal ini dapat dilihat dari indikator pengikut media sosial dan google review (ulasan) serta youtube review.

 

“Sejauh ini dari google review kami sudah mencapai angka hingga sekitar 3.000 review dan youtube review mencapai 4,1 juta, ini adalah angka yang cukup tinggi untuk sektor pariwisata di Pekanbaru,” ungkapnya.

 

 

Rencanya Asia Farm akan terus melakukan peningkatan fasilitas untuk menarik perhatian pengunjung. Pada akhir tahun Asia Farm sudah bersiap untuk merealisasikan konsep winter (musim dingin).

 

Jika ingin mengathui lebih tentang Asia Farm langsung diakses melalui Instagram @asiafarm.id.