Pemko Siapkan Tim Distribusikan Vaksin Covid-19, Ada yang Subsidi

Vaksin4.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU- Ada upaya dari pemerintah pusat bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk menekan kasus Covid-19. Mereka rencanakan pemberian vaksin kepada masyarakat.

 

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mengaku sedang mempersiapkan tim jelang pemberian vaksin Covid-19 pada tahun 2021. Mereka mempersiapkan SDM dan sarana penunjang jelang pemberian vaksin.

 

 

 

Persiapan pemberian vaksin dilakukan  bersama tim Satgas Penanganan Covid-19 Pusat. Pelaksanaannya bersama tim dari pemerintah provinsi dan kota.

 

"Kalau memang dibutuhkan, nanti bakal ada pergeseran anggaran di daerah," ujarnya, Rabu 2 November 2020.

 

Ia menyebut, ada proses pendataan jumlah masyarakat yang bakal mendapat vaksin Covid-19 di Kota Pekanbaru. Tim melakukan pendataan guna memastikan jumlah masyarakat yang bakal mendapat vaksin. 

 

Ada dua kategori masyarakat yang bakal memperoleh vaksin. Ia menyebut ada vaksin mandiri bagi masyarakat yang punya kemampuan ekonomi.

 

"Mereka menyediakan vaksin untuk keluarganya dengan biaya sendiri. Sedangkan vaksin subsidi hanya bagi masyarakat kurang mampu," jelasnya.

 

Pemerintah kota sudah ikut rapat kordinasi terbatas pengadaan vaksin dan pelaksaan vaksinasi dalam penanggulangan Covid-19 bersama Presiden RI. 

 

 

Proses pemberian vaksin Covid-19 berlangsung sekitar delapan hingga sembilan bulan. Pelaksaan distribusi vaksin memakan waktu karena luasnya wilayah nusantara.