Jelang Akhir Tahun, Disperindag Optimis Harga Komoditas Bahan Pokok Stabil

sembako-pasar-dupa.jpg
(defri)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Menjelang akhir tahun, biasanya harga komoditas bahan pokok di pasar cenderung naik. Terkait hal ini, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru optimis harga komoditas pasar akan tetap stabil.

Kepala Disperindag, Ingot Hutasuhut mengatakan, pihaknya akan melihat fluktuasi harga, tapi ia tetap optimis harga komoditas akan stabil. Ingot berujar, pihaknya juga tidak menampik akan ada beberapa komoditas yang tetap akan mengalami kenaikan.

“Ada beberapa yang tidak bisa dihindari akan tetap mengalami kenaikan, salah satunya cabe,” katanya kepada wartawan.

Ingot menjelaskan, kenaikan harga cabe disebabkan curah hujan tinggi yang mengakibatkan cabe mudah mengalami kebusukan, sedangkan permintaan semakin meningkat. Permintaan meningkat di sini juga berkaitan erat dengan pandemi Covid-19. Dimana awal-awal pandemi, hampir seluruh aktivitas terganggu, seperti restoran dan hotel yang tutup.

“Sekarang sudah mulai normal lagi, otomatis permintaan terhadap komoditi tersebut naik,” ujarnya.

Walau optimis, komoditas pasar akan tetap stabil, Ingot tetap akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) untuk mengadakan pasar murah sebagai antisipasi adanya kenaikan komoditas menjelang akhir 2020 ini.

“Untuk pasar murah, informasinya ada,” pungkasnya.