Kesadaran Masyarakat Mulai Meningkat Soal Masker, yang Terjaring Mulai Berkurang

Razia-tidak-pakai-masker23.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Pemerintah Kota Pekanbaru menggelar razia Perilaku Hidup Bar (PHB), belasan pengendara tidak menggunakan masker terjaring razia dan menjalani sanksi kerja sosial, Selasa, 22 Oktober 2020.

 Tim gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan menggelar razia masker tepatnya di depan Sukaramai Trade Center (STC) Jalan Jendral Sudirman Pekanbaru.

 

Dari hasil operasi, belasan pengendara dari roda dua dan roda empat terjaring razia tidak menggunakan masker.

 

 

 

Kabid Operasional Satpol PP Pekanbaru, Yendri Doni, mengatakan, kesadaran masyarakat sudah mulai meningkat, biasanya setiap diadakan razia, puluhan pengendara terjaring, namun kini hanya belasan.

 

"Biasanya dalam satu jam itu sudah puluhan, tapi kini sekitar 11 atau 12 pengendara terjaring," ujarnya.

 

Doni, menambahkan, kebanyakan pelanggar lebih memilih menjalani sanksi sosial menyapu dan membersihkan jalanan dari sampah.

 

"Kita sudah siapkan, sapu dan cangkul bagi pelanggar yang memilih sanksi kerja sosial," kata Yendri Doni.

 

Dalam pelaksanaan razia kali ini, tim gabungan tidak hanya menyisir di jalan raya, melainkan juga di pasar, tempat ibadah, serta tempat yang banyak kerumunan.

 

Perlu diketahui, Pemko Pekanbaru menggelar razia PHB di 12 Kecamatan di Kota Pekanbaru, demi memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

 

 

 

Selanjutnya, Pemerintah Kota Pekanbaru mengimbau kepada masyarakat untuk selalu mematuhi protol kesehatan, menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.