Cegah Lakalantas, Tol Permai Gelar Operasi Mengantuk hingga Sediakan Rest Area

Tol-Permai10.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Demi menekan angka kecelakaan di Jalan Tol Pekanbaru Dumai, pengelola jalan tol menggelar operasi mengantuk (microsleep) dan operasi kelayakan kendaraan, Rabu, 21 Oktober 2020.

Operasi digelar di ruas tol kilometer 45, rest area Tol Permai. Operasi mengantuk dimulai dari pukul 02.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB.

Operasi ini melibatkan, pengelola jalan Tol Permai, anggota Satuan Patroli Jalan Raya (PJR), dan Himpunan Keselamatan Transportasi Masyarakat (Hitatama).

 

Kepala Bagian Operasi Jalan Tol Permai, Fitriandri, mengatakan, tujuan diadakannya operasi mengantuk ini untuk mencegah terjadinya human error serta menghindari kendaraan besar mengalami pecah ban.

“Sebagian besar kecelakaan di Jalan Tol disebabkan karena human error dan pecah ban,” kata Fitriandri.

Fitriandri, menjelaskan, sudah terjadi sembilan kali kecelakaan di Jalan Tol Pekanbaru Dumai.

“Bagi sopir yang kedapatan mengantuk, kami arahkan untuk istirahat sejenak di rest area, kami sediakan pula pelayanan kesehatan untuk para sopir,” ucapnya.

Selanjutnya, Fitriandri, menyebut, pelayanan medis tetap mengacu pada protokol kesehatan,sopir diukur suhu tubuhnya, diberikan masker, serta cek fisik kendaraan dari pihak kepolisian.

Dengan adanya, operasi mengantuk dan pelayanan kesehatan, diharapkan mampu mencegah kecelakaan di Jalan Tol Permai.