Mantap, Mahasiswa PCR, Bagas Prawi Susanto, Berhasil Bikin Robot Penyelam

Robot-Penyelam.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Mahasiswa Politeknik Caltex Riau (PCR) menciptakan robot penyelam yang mampu melakukan observasi dan pemeliharaan lingkungan bawah laut.

Robot ciptaan mahasiswa Jurusan Mekatronika, Bagas Prawi Susanto ini diberi nama Underwater Remotely Operated Vehicle (ROV), mampu menyelam lima meter di kedalaman air, serta dilengkapi kamera untuk memantau objek di dalam air atau dasar perairan, Jumat, 15 Oktober 2020.

 

 

Pengoperasian Robot Underwater ROV ini dilakukan secara manual menggunakan joystick konsol permainan terhubung melalui perangkat laptop.

 

Bagas mengatakan, robot ini dirancang sebagai tugas akhir, dengan proses perakitan menghabiskan waktu tujuh bulan. 

 

 

Robot Penyelam2

 

Mahasiswa PCR bikin robot penyelam bernama Underwater Remotely Operated Vehicle/RAHMADI DWI/Riau Online

 

 

"Indonesia sebagai negara maritim dengan banyaknya lingkungan perairan perlu dilakukan observasi dan pemeliharaan lingkungan," kata Bagas.

 

Bagas menjelaskan, kendala yang dihadapi dalam proses pembuatan robot ini adalah sulitnya mencari komponen yang tahan terhadap air dan tidak mudah rusak.

 

"Kebanyakan komponen robot ini saya datangkan dari luar kota," ucap Bagas Prawi Susanto.

 

 

Saat ini, Bagas sedang mencari sponsor untuk mengembangkan penelitiannya lebih jauh agar robot ciptaannya bisa digunakan oleh instansi terkait dalam melakukan pemantauan dan pemeliharaan lingkungan bawah laut.