Pernah Hanya Miliki 4 Tamu, Grand Elite Hotel Optimis Sambut New Normal

Lusyanti4.jpg
(Hidayatul Fitri/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Hadirnya Covid-19 menjadi bencana dunia sejak awal tahun 2020 sangat tidak terprediksi sehingga membuat sektor usaha perhotelan harus mencari alternatif untuk tetap bertahan. Grand Elite Hotel Pekanbaru juga sangat merasakan dampak tersebut.

Grand Elite Hotel Pekanbaru menuntut perusahaan untuk mampu cepat beradaptasi dengan keadaan dimasa pandemi sebagai hotel bintang 4 yang memiliki kualitas pelayanan sangat bagus dan fasilitas yang memadai.

“Kami harus segera beradaptasi agar tetap bertahan,” ujar Lusiyanti, Jenderal Manager Grand Elite Hotel Pekanbaru di acara ROLCAST, Kamis, 15 Oktober 2020.

Di bulan April hingga Juni 2020 Grand Elite Hotel Pekanbaru sempat merasakan penurunan omzet hingga 80 persen.

“Bahkan pernah sehari hanya terisi 3 sampai 4 kamar saja,” ungkapnya.

Langkah awal sebagai bentuk adaptasi yang dilakukan adalah saving cost atau penghematan biaya. Penghematan biaya dilakukan dengan mengurangi penggunaan listrik dan merumahkan karyawan.

“Terpaksa kami harus merumah karyawan tapi dengan tetap kami bantu beri sembako,” katanya.

Selain itu, Grand Elite Hotel Pekanbaru juga mengadakan promosi pesan antar makanan bagi konsumen yang harus tetap berada di rumah saja.

Era new normal menjadi angin segar bagi pengelola Grand Elite Hotel Pekanbaru. Inovasi pelayanan dan fasilitas ditingkatkan sesuai dengan standar protokol kesehatan.

“Tamu dari pintu lobby hingga masuk kamar kita pantau dan disediakan fasilitas sesuai protokol kesehatan,” ujarnya.

Saat memasuki hotel tamu wajib mencuci tangan di tempat yang sudah disediakan atau memakai hand sanitizer (pembersih tangan).

Selanjutnya, suhu tubuh diukur menggunakan termometer dengan standar maksimum  kurang dari 37,3 derajat celcius.

Masker wajib digunakan apabila berada dikawasan hotel. Pelayan hotel juga dipastikan memakai masker dan menaati peraturan dikala pandemi ini.

Tombol lift juga selalu dibersihkan dan memiliki garis jarak untuk berdiri pengguna lift.

Pintu kamar dipastikan sering dibersihkan dengan desinfektan.

Kamar menginap selalu disemprot desinfektan sebelum dan sesudah tamu menggunakan kamar tersebut.

Protokol kesehatan ini juga berlaku bagi karyawan. Pengelola hotel juga menuntut karyawan agar menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh.

“Selama pandemi kami melakukan breafing di halaman agar terkena sinar matahari,” ungkapnya.

Untuk kegiatan acara yang menggunakan gedung hotel juga diberlakukan aturan sesuai protokol kesehatan. Jumlah orang yang hadir harus 50 persen dari kapasitas maksimum.

“Jadwal hadir tamu juga harus ditentukan agar tidak datang secara bersamaan untuk memudahkan dalam menjaga jarak,” katanya.

Layanan makanan prasmanan dipastikan tidak menggunakan sendok yang sama atau bisa menggunakan makanan yang dibungkus dalam kotak khusus.

Bagi Grand Elite Hotel Pekanbaru mementingkan protokol kesehatan bagi tamu yang datang adalah prioritas utama dimasa pandemi Covid-19.

Berbagai fasilitas dan pelayanan sudah disesuaikan dengan standar kesehatan sehingga tidak perlu ragu jika ingin menginap dan menggunakan Grand Elite Hotel Pekanbaru sebagai pilihan untuk beristirahat dan keperluan acara.

Silahkan cek media sosial Instagram @grandelitehotelpekanbaru untuk informasi lebih lanjut.