Napi Lapas Perempuan Positif Covid-19 di Pekanbaru Bertambah Jadi 44 Orang

lapas-pku.jpg
(madi)

Laporan: RAHMADI DWI

RIAUONLINE,PEKANBARU - Narapidana perempuan terpapar Covid-19 di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Pekanbaru kembali bertambah, total menjadi 44 warga binaan positif Corona, dari sebelumnya 28 orang, Senin, 5 Oktober 2020.

Setelah dilakukan uji swab dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau, ditemukan lagi sebanyak 16 napi perempuan positif Covid-19, total saat ini, menjadi 44 orang terinfeksi Covid-19.

Lapas Perempuan saat ini menambah ruang isolasi semula dari lima kamar menjadi enam kamar, untuk menghindari ruang isolasi yang sesak.

Perawat Lapas Perempuan, Ina Kurniasih mengatakan, petugas kesehatan di Lapas Perempuan secara berkala melakukan pemeriksaan tanda vital bagi napi positif Corona, seperti suhu tubuh serta pernafasan sehingga perawat bisa mengetahui gejala sedang atau berat yang diderita warga binaan.

"Pemeriksaan secara rutin setiap hari kami lakukan pemeriksaan tensi, suhu tubuh, dan pernafasan," kata Ina Kurniasih.

Ina, menambahkan, beberapa napi positif yang pertama kali terkonfirmasi sudah mulai menunjukkan peningkatan kesehatan dari sebelumnya mengalami demam, batuk, pilek serta pusing.

Sementara itu, Seorang napi perempuan yang terinfeksi Covid-19 inisial AL, menyebut, kondisinya saat ini sudah mulai membaik dari demam tinggi setelah mendapatkan perawatan oleh petugas kesehatan.

"Hampir dua minggu lebih diisolasi, perawatan di lapas biasanya tiga kali sehari," ungkap AL.

Demi mencegah penambahan angka positif Covid-19, Dinas Kesehatan Provinsi Riau rutin melakukan penyemprotan desinfektan di lingkungan Lapas Perempuan Kelas IIA Pekanbaru.