Sukses Digelar, Ini Tim Juara Piala Menpora Esports 2020

esport-menpora.jpg
(istimewa)

Laporan: LUKMAN PRAYITNO

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Grand Final Piala Menpora Esports 2020 tuntas digelar selama dua hari, Sabtu-Ahad Malam. Tim Esports Binus University keluar sebagai juara pada iven diikuti sebanyak 3.141 tim se-Indonesia tersebut.

Dibabak di babak final yang digelar Ahad 4 September 2020 malam, Tim esports Binus University diperkuat Thomas Setyawan, James Alexander, Wilson Clarence Sutanto, Daniel, dan Kristian Antoni us tersebut berhasil mengalahkan Universitas Udayana.

Bahkan pada esports mempertandingkan game Mobile Legend ' Bang Bang tersebut user marksman Binus, James Alexander terpilih sebagai MVP. Sementara top kill diraih tim runner up Universitas Udayana, Erick Zen Redondo.

Ketua Panitia Penyelenggara Piala Menpora Esports 2020, Giring Ganesha mengatakan, sebagai juara pertama, Binus University mendapat hadiah total Rp50 juta rupiah ditambah tropi. Sedangkan tim Universitas Udayana sebesar Rp30 juta.

"Kemudian juara ketiga yaitu SMA Institut Teknologi Semarang mendapat hadiah sebesar Rp15 juta. Dan untuk juta keempat sampai delapan besar mendapat hadiah uang pembinaan sebesar Rp5juta. Begitu juga MVP dan top kill player," ungkap mantan vokalis Band Nidji tersebut Kepada Riau Online melalui aplikasi zoom meeting, Senin, 5 Oktober 2020 siang.

Giring menambahkan, Piala Menpora Esports 2020 AXIS mempertandingkan Mobile Legends: Bang Bang yang merupakan game bergenre MOBA. Turnamen yang diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Indonesia Esports Premiere League (IESPL) dikhususkan untuk kalangan pelajar SMP, SMA, dan mahasiswa. Kejuaraan ini dirancang menjadi wadah mereka berkompetisi dan berkembang dan menjadi atlet esports profesional.

Sejak kick off turnamen pada 17 Agustus yang lalu, kompetisi olahraga elektronik berskala nasional ini diikuti oleh sebanyak 3.141 tim esports atau terdiri dari 15.075 pemain. Di babak grand final, terdapat delapan tim yang melaju. Selain tiga tim teratas, lima tim lainnya (sesuai urutan) adalah Institut Pertanian Bogor, MAN 3 Palembang, SMAN 1 Bintan Utara, Telkom University Bandung, dan Universitas Gunadarma Jakarta

“Piala Menpora Esports 2020 AXIS ditujukan untuk mencari pemain-pemain muda yang bisa menjadi penerus prestasi esports Indonesia. Terbukti bahwa pemain-pemain muda kita ini punya potensi yang sangat besar. Saya yakin mereka punya masa depan yang cerah sebagai atlet esports,” tuturnya

Sementara itu Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali mengaku gembira dengan capaian yang diraih sepanjang turnamen Piala Menpora Esports 2020 AXIS. Zainudin berharap turnamen ini mampu menjadi batu loncatan bagi pemain-pemain muda untuk menjadi atlet esports berprestasi bagi Indonesia di masa mendatang.

“Esports telah berkembang pesat dan luar biasa besar peminatnya. Melalui turnamen ini kita juga telah melahirkan atlet-atlet muda potensial yang akan menjaga mata rantai prestasi esports Indonesia. Selamat kepada para pemenang. Saya yakin kalian akan terus berkembang menjadi atlet berprestasi yang mengharumkan nama bangsa," ujar Zainudin Amali.