Asyik, Warga Bisa Berobat Gratis Minggu Ini, RSA Nusa Waluya II Sudah Beroperasi

RSA-Nusa-Waluya1.jpg
(Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Keberadaan Rumah Sakit Apung (RSA) Nusa Waluya II di PT Pelindo tepian Sungai Siak, Pekanbaru sejak Jumat, 18 September 2020 lalu akan segera terealisasi. 

 

Dalam minggu ini, RSA Nusa Waluya II beserta team medis akan datang dan akan segera beroperasi melayani kesehatan gratis bagi warga pekanbaru.  

 

 

"Tim dokter RSA Nusa Waluya II akan tiba di Pekanbaru dalam waktu dekat. Diperkirakan Minggu ini sudah mulai beroperasi," ucap Walikota Pekanbaru, Firdaus lewat Riau Command, Senin, 28 September 2020.

 

Dokumen operasional telah dibahas dengan OPD terkait agar bisa beroperasi di Pekanbaru, dan dokumen yang diajukan lengkap dan tidak ada masalah. RSA Nusa Waluya ini merupakan rumah sakit tipe C. Kewenangan operasionalnya oleh Pemko Pekanbaru.

 

"Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Riau sejak awal. Koordinasi sudah dilakukan ke kepala bidang. Artinya, tidak ada satu pun proses yang dilangkahi. Semua sudah sesuai prosedur," pungkasnya. 

 

Awalnya, kedatangan RSA Nusa Waluya II di Pekanbaru menuai pro dan kontra antara Pemerintah Kota dan Pemerintah Provinsi. 

 

 

Menurut Pemprov, kedatangan RSA diharapkan dapat membantu pemerintah dalam menangani lonjakan pasien covid-19, akan tetapi Nahkoda Kapal, Amiruddin dan Pemkot membantah dengan mengatakan RSA ini hanya untuk pelayanan kesehatan umum secara gratis bagi warga Pekanbaru.