Waspada, Dari 94 Kasus Tambahan Covid-19 Pekanbaru, 88 Di antaranya OTG

Kadinkes-Mimi-Yuliani-Nazir.jpg
(istimewa)

Laporan: LUKMAN PRAYITNO

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Satgas Penanganan Covid-19 Riau merilis sebanyak 184 kasus tambahan terkonfirmasi positif covid-19 di Riau, Rabu (16/9/2020). Separuh di antaranya merupakan warga Kota Pekanbaru atau Sebanyak 94 kasus.

Dari data tersebut, ternyata dari 94 kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kota Pekanbaru, sebanyak 88 di antaranya merupakan pasien OTG (orang tanpa gejala). Mereka dipastikan terkonfirmasi positif covid-19 setelah melakukan tes swab pada 13,14 dan 15 September lalu.

"Sedangkan lima lainnya memiliki keluhan penyakit seperti keluhan demam, batuk, pilek, nyeri ulu hati, muntah, sesak napas dan pusing. Setelah di swab ternyata positif covid-19 sehingga dirawat di rumah sakit di Pekanbaru. Satu lagi baru dinyatakan covid-19 setelah meninggal dunia beberapa hari lalu," jelas Mimi.

Selain memiliki keluhan, ternyata sebut Mimi, ada pasien terkonfirmasi positif covid-19 yang juga memiliki penyakit komorbid (penyakit penyerta). Sehingga juga harus dirawat di rumah sakit agar penanganannya bisa lebih baik.

Terkait banyaknya pasien OTG, Mimi mengimbau warga agar tetap menjaga kewaspadaan agar tidak tertular covid-19. Pasalnya walaupun tidak sakit, belum tentu orang yang kita temui negatif covid-19.

"Maka pilihan terbaik adalah tetap di rumah dan hindari keramaian. Jaga pola hidup sehat dan makan buah serta sayuran. Harus rutin berolahraga dan istirahat yang cukup. Penting juga mengkonsumsi vitamin yang cukup," imbau Mimi.