Politeknik Negeri Bengkalis Jajaki Kerjasama Vokasi dengan PT RAPP

PT-Riau-Andalan-Pulp-and-Paper.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

 

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) melakukan penjajakan kerja sama ke PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Sabtu, 13 Juni 2020.

Penjajakan ini dilakukan untuk pemantapan Program Penguatan Perguruan Tinggi Vokasi (PPPTV). PPPTV merupakan program dikelola Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi.

"Penjajakan ini dilakukan untuk meningkatkan relevansi program studi dengan kebutuhan industri. Termasuk serapan dan keterpakaian lulusan oleh dunia usaha dan dunia industri," kata Direktur Polbeng, Muhammad Milchan, seperti dilansir dari polbeng.ac.id.

Untuk mencapai itu, tuturnya, dibutuhkan strategi pengembangan pendidikan tinggi vokasi. Antara lain melalui reformasi penyelenggaraan pendidikan tinggi vokasi dengan peningkatan kualitas pembelajaran pendidikan tinggi vokasi melalui kemintraan strategis dengan industri.

Program ini, jelasnya, akan difasilitasi melalui peningkatan kualitas dan relevansi sarana prasarana.

Dalam kunjungan ke RAPP, Muhammad Milchan didampingi Wakil Direktur II Bidang Umum dan Keuangan Johny Custer, Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Teguh Widodo serta Kepala Kantor Urusan Internasional Polbeng Alkadri Perdana.

Saat kunjungan ke RAPP, rombongan Polbeng disambut Campus Relation Head PT RAPP, Tengku Kespandiar.

Direktur Polbeng Muhamad Milchan menyatakan, kerja sama dunia usaha dan kampus merupakan upaya memperluas hubungan kerja bermanfaat bagi para dosen, dan mahasiswa.

Di antaranya penelitian dan pengabdian serta mewujudkan Program Kampus Merdeka dari Kemendikbud dengan hak belajar tiga semester di luar prodi.

Selain itu, kesepakatan kerja sama Polbeng dengan PT IKPP tersebut merupakan bagian dari untuk Tri Dharma Perguruan Tinggi. Antara lain meliputi pendidikan, penelitian dan Kerjasama di dalamnya meliputi praktik kerja/magang.