Diinisiasi RAPP, D3 Industri Pulp and Paper Unri Siapkan SDM Berkualitas

D3-Industri-Pulp-and-Paper-Unri.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Provinsi Riau sebagai daerah penghasil kertas terbaik di dunia memiliki peran penting dalam penyediaan kebutuhan kertas secara global.

Universitas Riau (Unri) sebagai Perguruan Tinggi Negeri telah menjalin kerja sama dengan pemerintahan maupun swasta. Kerja sama itu diantaranya dengan Tanoto Foundation dan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP).

Unri gandeng Tanoto Foundation dan PT RAPP dalam melahirkan Program Studi (Prodi) Teknologi Pulp dan Kertas oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti).

Ketua Program Studi Diploma Tiga (D-III) Teknologi Pulp dan Kertas, Evelyn, Jumat (8/5), menyampaikan hadirnya Program Studi Teknologi Pulp dan Kertas ini untuk melahirkan tenaga-tenaga ahli di bidang industri kertas, juga solusi bagi dunia industri kerap kali menyerap tenaga kerja tanpa keahlian sesuai.

“Kualitas Sumber Daya Manusia berkompeten, merupakan aset penting yang akan menentukan arah perkembangan industri pulp dan kertas di Indonesia, khususnya di Riau. Oleh sebab itu, Prodi Teknologi Pulp dan Kertas ini berusaha terus meningkatkan kualitas terutama dalam bentuk akreditasi,” urai Evelyn.

Seiring peresmian Prodi D-III Teknologi Pulp dan Kertas, Universitas Riau melalui Tim akreditasi diketuai Prof Dr Edy Saputra MT, 16 Januari 2020 lalu, memasukkan berkas kelengkapan akreditasi ke BAN-PT.

"Alhamdulillah kita telah memperoleh nilai akreditasi “Baik” sebagai Prodi baru berdasarkan surat keputusan bernomor NOMOR: 2496/SK/BAN-PT/Ak-PKP/Dipl-III/IV/2020,” ungkapnya.

Hasil akreditasi ini membuktikan Prodi D-III Teknologi Pulp dan Kertas sudah memenuhi kriteria dari syarat-syarat penilaian akreditasi.

Antara lain meliputi visi, misi, tujuan dan sasaran, tata pamong, tata kelola dan kerja sama, mahasiswa, Sumber Daya Manusia (SDM), keuangan, sarana, dan prasarana, pendidikan, penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan luaran serta capaian Tri Darma Perguruan Tinggi,” terang Evelyn.

Prodi Teknologi Pulp dan Kertas sudah menerima dua angkatan mahasiswa, 55 mahasiswa Tahun Akademik 2018/2019 dan 55 mahasiswa lagi di 2019/2020.

Mahasiswa 2018/2019 ini, jelasnya, nantinya juga direncanakan akan melakukan magang selama sembilan bulan di PT RAPP dari Agustus 2020 sampai April 2021 mendatang.

“Peraihan akreditasi “Baik” ini, diharapkan Prodi D-III Pulp dan Kertas Unri, dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, melalui fasilitas ruangan perkuliahan yang baik, laboratorium penelitian, ruang pertemuan, perpustakaan dan akses langsung ke dunia industri pulp dan kertas serta dukungan tenaga pendidik dari kalangan praktisi,” tuturnya.