Riau Diingatkan Potensi Gelombang Kedua Covid-19

indra-yopi.jpg
(riauonline)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Meski tidak ditemukan ada penambahan kasus baru pada Minggu 16 Juni 2020, Juru Bicara (Jubir) Percepatan Penanganan Covid-19 Riau, dr Indra Yopi mengingatkan kepada seluruh masyarakat Riau untuk tetap waspada. Sebab ancaman penularan virus corona masih terjadi di tengaj masyarakat yang tidak patuh terhadap anjuran pemerintah dalam menjalankan protokol kesehatan.

"Kita tidak boleh berpuas diri meskipun dengan angka jumlah kesembuhan kita baik," kata Indra Yopi, Minggu 14 Juni 2020.

Indra Yopi kembali menyinggung soal potensi terjadinya gelombang kedua penyebaran Covid-19 di Riau. Namun seberapa parah kasus penyebaran Covid-19 pada gelombang dua tersebut, semua yang menentukan adalah masyarakat itu sendiri.

Sebab peningkatan jumlah kasus tersebut bisa terjadi dan bahkan bisa dicegah, tergantung masyarakatnya mau atau tidak menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

"Bukan pemerintah maupun tim gugus tugas yang menentukan gelombang kedua Covid 19 ini, namun masyarakat itu sendiri," kata dia.

Indra Yovi, mengatakan, jika memang terjadi gelombang kedua dengan peningkatan jumlah kasus Covid-19 yang tinggi, maka dikhawatirkan akan kembali dilakukan pengetatan wilayah.

"Pasar tutup, mall tutup, beribadah di rumah saja, tentunya hal ini bukan hal kita harapkan," katanya. (*)