Cegah Penularan Covid-19, Pemko Pekanbaru Segera Gelar Pemeriksaan PCR

Ilustrasi-SWAB-test3.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Pemerintah Kota Pekanbaru berencana menggelar pemeriksaan Polymerace Chain Reaction (PCR) secara massal. Kegiatan digelar untuk meminimalisir penularan virus corona. 

"Jadi tidak hanya rapid test, namun kita juga berencana menggelar pemeriksaan PCR secara massal," kata Juru Bicara Pemerintah Kota Pekanbaru untuk Percepatan Penanganan Covid-19, dr Mulyadi, saat memberi keterangan pers tentang perkembangan kasus Covid-19, Minggu 6 Juni 2020.

Disampaikannya, pemeriksaan PCR secara massal yang direncanakan itu merupakan salah satu upaya dari pemerintah kota dalam meminimalisir penyebaran wabah corona di Kota Bertuah.

"Untuk itu kita akan terus melaksanakan program TOS. Temukan kasusnya, Obati dan Sembuhkan," ucapnya.

Dalam pemeriksaan PCR massal nanti, lanjut Mulyadi, Pemerintah Kota akan dibantu oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. "Mudah-mudahan bisa terlaksana di Kota Pekanbaru," harap dia seperti yang dilansir dari Pekanbaru.go.id

Untuk pemeriksaan rapid test sendiri, terang Mulyadi, hingga kini sudah dilakukan terhadap 3.165 warga yang sebagian besar di antaranya merupakan Orang Dalam Pemantauan (ODP).

"Hasilnya, 3.159 non reaktif dan 36 reaktif," paparnya.

Dari data Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, sebanyak 35 dari 36 warga yang reaktif itu sudah menjalani tes swab (pengambilan sampel lendir pada saluran pernafasan) dan semuanya dinyatakan negatif atau tidak terpapar virus corona.