Viral Video Masker Gratis Diberi Obat Bius, Direskrimum: Itu Hoaks

Korban-Bius-Masker-Gratis.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Muncul pesan berantai disertai video di media sosial telah terjadi peristiwa seorang ibu naik sepeda motor diberi masker gratis oleh seseorang di depan Indomaret di Jalan Harapan Raya atau Imam Munandar, Pekanbaru.

Dalam pesan itu juga disebutkan, setelah diberi masker, ibu tersebut kemudian tak sadarkan diri. Masker sudah diberi obat bius, sepeda motornya kemudian dilarikan orang tersebut.

Namun, setelah dilakukan pengecekan ke lapangan oleh Kepolisian, ternyata pesan berantai tersebut tidak pernah terjadi atau hoaks.

"Hasil pengecekan dan penelusuran anggota Ditreskrimum Polda Riau ke Jalan Harapan Raya, Pekanbaru, baik di Indomaret maupun Alfamart, tidak ada ada kejadian tersebut. Kejadian sebenarnya di Bekasi Timur, Jawa Barat. Ini jelas hoaks," ungkap Direktur Reskrimum Polda Riau, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, Kamis, 14 Mei 2020.

Hoaks ini, tutur Direskrimum, membuat warga khawatir. Informasi bohong itu, jelas mantan Kapolresta Sidoarjo, Jawa Timur tersebut, tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenaranya.

Kombes Zain Dwi Nugroho menjelaskan, saat tim menelusuri modus pemberian masker gratis diberi obat bius ke Jalan Harapan Raya serta informasi dari warga sekitar, tidak diperoleh kejadian seperti di video benar-benar terjadi.

"Kemudian Tim berkoordinasi dengan Polresta PKU, Polsek Bukit Raya dan Polsek Tenayan Raya seperti di video yang viral tersebut. Juga tidak ada laporan sesuai dengan video beredar," jelas Zain.

Tim, jelasnya, kemudian melakukan cek di media sosial dan media siber. Hasilnya, diperoleh sebuah berita persis seperti di dalam video terjadi bukan di Pekanbaru maupun Riau.