Forum RT/RW Menolak PSBB Tahap II, DPRD Pekanbaru Malah Mendukung

frt.jpg
(hasbullah)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ketua Forum RT/RW Kelurahan Sialang Munggu, Sucipto menolak Pemerintah Kota Pekanbaru memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Mereka menilai hal itu hanya akan menambah penderitaan warga.

"Ada PSBB tahap kedua, kalau masih dengan sistem ini bagus ditunda saja. Ini sudah dua minggu tapi kenapa data ini belum juga diselesaikan," kata Sucipto, Kamis, 30 April 2020.

Kalau penyaluran masih begini, lanjutnya, tidak ada gunanya PSBB dilanjutkan. Warga jadi terhambat mencari rezeki sehingga mereka tidak bisa makan, pemerintah pun tidak bisa memberi bantuan pangan kepada mereka.

Sementara itu, ketua DPRD Pekanbaru, Hamdani mendukung perpanjangan PSBB 14 hari kedepan dengan catatan harus ada evaluasi dari Pemerintah Kota Pekanbaru terhadap masalah yang sudah ditimbulkan.

Dijelaskan Politisi PKS ini, pada dasarnya PSBB merupakan langkah ampuh dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, namun dalam realiasinya banyak sekali persoalan yang dirasakan masyarakat.

"Prinsipnya PSBB itu secara substansi kita support, tapi fakta di lapangan masih banyak persoalan, informasi simpang siur dari gugus tugas sampai ke bawah, hingga berujung penolakan bantuan, ini yang akan kita evaluasi besok," pungkasnya.