Cegah Penyebaran Covid-19, Pengunjung dan Staff di MPP Pekanbaru Dicek Suhu Tubuh

Pemeriksaan-suhu-tubuh.jpg
(riau online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Sebagai upaya pencegahan Virus Corona, Mall Pelayanan Publik (MPP) yang terletak di jalan Sudirman bekas Kantor Wali Kota Pekanbaru, lakukan pengecekan Suhu tubuh, Sebelum memasuki ruang pelayanan pada Selasa 17 Maret 2020.

Setiap pengunjung ataupun staff pelayanan MPP, tak luput dari pemeriksaan suhu tubuh dengan menggunakan alat Thermometer, sebelum memasuki ruang pelayanan publik.

Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi saat Diemui di MPP Selasa 17 Maret 2020 mengatakan telah membentuk tim untuk melakukan pencegahan penyebaran Virus Corona, yang dipimpin Sekda Kota Pekanbaru.

"Tentang penanganan antisipasi pencegahan penyebaran virus Corona di Pekanbaru, kita sudah bentuk tim dengan semua perangkat daerah," katanya.
Jika suhu tubuh melebihi 37 derajat, orang tersebut tidak dibolehkan memasuki ruang pelayanan. Sebelumnya, kantor MPP Kota Pekanbaru telah dilakukan penyemprotan Disinfektan di seluruh ruangan pelayanan pada hari Senin 16 Maret 2020.

"Untuk seketariat ditetapkan di mpp Pekanbaru di lantai 1 kemudian beberapa hari sudah dilakukan di kantor2 ruang publik, terus ada penyemprotan disinfektan kemudian juga dilakukan scan suhu tubuh langsung ditangani tim kita dan kordinasi tim dari Pemprov Riau jika ada gejala Corona" Sebut Ayat.

Dari pantauan di lapangan, ada beberapa pengunjung yang suhu tubuhnya mencapai 38 derajat, dan dilakukan pengecekan kesehatan. Dari hasil pengecekan, belum ditemukan gejala-gejala terdampak Virus Corona.

Selain dilakukan pengecekan Suhu tubuh, Pemko Pekanbaru juga menyediakan cairan pembersih tangan, yang berada didalam Mall Pelayanan.

Pemko Pekanbaru telah meliburkan Seluruh siswa pada Senin 16 Maret 2020 selama 14 Hari, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus, namun Wakil Walikota Pekanbaru juga berharap kepada orang tua siswa, agar tidak membolehkan anak-anaknya beraktifitas diluar rumah agar lebih efektif upaya pencegahan yang dilakukan.

"Harapan saya kapada orang tua, anak-anak kita diliburkan ini agar tinggal di rumah, jangan diliburkan dibawa ke mall, kalau begitu tidak efektif, kenapa diliburkan 14 hari, supaya kita mencegah dari pada penyebar luasan Virus Corona," Jelas Ayat.

Tentang penanganan antisipasi pencegahan penyebaran virus Corona di Pekanbaru, kita sudah bentuk tim dengan semua perangkat daerah

Kadis kesehatan kota Pekanbaru dr. Zaini Rizaldy S mengatakan, Selain di MPP, kantor Disdukcapil, dan mesjid Arahman juga telah menerapkan pengecekan Suhu tubuh sebelum memasuki tempat tersebut, namun tidak menutup kemungkinan ditempat lain juga melaksanakan pengecekan secara mandiri.

"Ditempat tempat lain tidak ditutup kemungkinan mereka menerapkan sendiri, seperti dikantor-kantor, di Bank, mereka menerapkan seperti itu," Sebut Zaini.

Bagi warga yang suhu tubuhnya melebihi 37 derajat pada saat di screning, dikatakannya tidak perlu panik, namun harus lebih waspada.

"Itukan untuk screning awal, bukan memastikan dia itu sakit atau tidak, kita tidak perlu panik, tapi kita harus waspada, ketika menemukan gejala-gejala itu, kemudian ada kata kuncinya dia baru pulang dari luar negeri itulah yang harus kita waspadai, itulah yang kita pantau sampai 14 hari, jika sudah 14 hari tidak ada gejala, berarti dia kemungkinan tidak terkena Virus Corona," jelas Zaini.