Jokowi Minta Eselon III dan IV Dihapus, DPRD Riau: Daerah Tak Sama Dengan Pusat

Zulfi-Mursal.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Anggota Komisi I DPRD Riau, Zulfi Mursal angkat bicara terkait Gubernur Riau Syamsuar yang akan melantik pejabat eselon III dan IV meski Presiden Jokowi sudah menegaskan penghapusan posisi tersebut.

"Yang disampaikan oleh Presiden itu belum ada regulasi pasti, dan di Riau ini kita masih butuh itu (eselon III dan IV)," kata mantan ketua DPRD Siak ini, Jumat, 3 Januari 2020.

Zulfi menilai apa yang diwacanakan oleh Jokowi sebenarnya tidak tepat jika dibandingkan dengan pemerintah daerah, di mana Pemda masih butuh pejabat eselon III dan IV

"Kalau dilihat di pusat, mereka memang tak butuh eselon IV. Palingan mereka cuma butuh eselon III. Kalau di daerah kita naikkan ke eselon III semua, keuangan daerah akan terbebani," ujarnya.

Hal-hal ini, lanjutnya, akan ia sampaikan langsung kepada kementerian bersama dengan anggota komisi I lainnya, mengingat ini memang ranah kerja komisi I DPRD Riau.

"Wacana kita Januari ini kita jumpai Kemenpan RB, kita akan jemput bola ke sana," pungkasnya.

Lebih jauh, Zulfi berharap agar siapapun yang dilantik menjadi pejabat eselon III dan IV hari ini bisa mengikuti ritme kebijakan Gubernur Riau dalam meningkatkan kesejahteraan ke masyarakat sesuai janji kampanye nya dulu.

"Kita berharap banyak dengan adanya pelantikan ini. Apa yang menjadi hajat hidup orang Riau bisa terkelola dengan baik, pelayanan publik meningkat, bagaimana masyarakat miskin bisa terbantu dengan baik," tutupnya.