MTQ Inhu Ke-49 Sukses Diselenggarakan

mtq.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, RENGAT - Perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) ke-49 yang dilaksanakan di Objek Wisata Danau Raja Rengat berjalan lancar dan sukses.

Pada pembukaan hingga penutupan cukup meriah. Selain pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran, juga pelaksanaan Marching Band yang dibawakan oleh personel Satpol PP Inhu, Tari Persembahan oleh Dewan Kesenian Inhu (DKI), Defile peserta MTQ serta pertunjukan Bedug oleh kelompok Rempak Beduk Rebana dari Yayasan Pendidikan Agama Islam Riau (YPAIR) Rengat.

Ada juga berbagai atraksi Lampu Hias di Astaka Utama Terapung di atas Danau Raja dan juga Pengibaran Bendera Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) serta Parade Becak Hias yang dilepas Sekdakab Inhu Hendrizal, dengan start dari Rumah Dinas Bupati Inhu dan finish di Objek Wisata Danau Raja.

Pada hari yang sama, Bupati Inhu H Yopi Arianto SE juga melepas Pawai Taaruf di kawasan Objek Wisata Danau Raja Rengat. Pawai Ta'aruf ini diikuti oleh seluruh peserta MTQ dengan mengelilingi sejumlah ruas jalan di Kota Rengat. Setelah itu, Bupati Yopi melantik Dewan Hakim.

Dalam sambutannya, Bupati Inhu H Yopi Arianto SE mengatakan, perhelatan MTQ Inhu ke-49 yang dilaksanakan di Objek Wisata Danau Raja Rengat, sengaja dilaksanakan agar seluruh masyarakat Riau umumnya, masyarakat Inhu khususnya, dapat melihat secara langsung potensi wisata yang ada di Danau Raja Rengat.

Yang mana, Kabupaten Inhu sebagai tuan rumah dalam perayaan MTQ tingkat Provinsi Riau tahun 2020 mendatang sudah siap lahir bathin. Mulai dari awal, Pemkab Inhu sudah mempersiapkan semuanya, sebagai tuan rumah panitia pelaksana. Hal ini pula yang menjadi kebanggaan masyarakat Inhu.

Menurut Bupati Yopi, acara MTQ ini bukan hanya untuk umat muslim saja, akan tetapi yang non muslim, seperti umat Budha dan Tionghoa Inhu juga turut hadir dan bahkan ikut mensukseskannya. Sehingga acara ini dapat berjalan dengan baik, sukses dan lancar.

Bahkan, masyarakat yang berasal dari Kabupaten Kuantan Singingi dan Kabupaten Indragiri Hilir datang untuk menyaksikannya.

"Alhamdulillah, acara MTQ ke-49 Tingkat Kabupaten Inhu berjalan sukses dan lancar. Dalam kesempatan ini saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Inhu yang berada diluar, baik itu bertugas dan menempuh pendidikan agar datang dan ikut menyaksikan dan juga mensukseskan acara ini," ujar Bupati Yopi.

Apresiasi yang mendalam juga disampaikan oleh Plt Sekdaprov Riau Ahmad Shah Harofie yang ikut hadir dan membuka acara MTQ tersebut yang diselenggarakan di Kabupaten Inhu.

Hal senada juga disampaikan oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Riau H Mahyudin. Menurutnya, Kabupaten Inhu sukses didalam penyelenggaraannya, seperti didaerah lain di Provinsi Riau. Serta layak dan berpelung besr untuk menjadi tuan rumah MTQ Tingkat Provinsi Riau Tahun 2020 mendatang.

"Dengan menyaksikan acara sambutan dan tarian persembahan MTQ ke-49 Tingkat Kabupaten Inhu yang sangat meriah itu sungguh luar biasa sekali. Sehingga saya menilai jika Kabupaten Inhu sangat layak untuk menjadi tuan rumah MTQ Tingkat Provinsi Riau," ujar Mahyudin.

Menurutnya, hanya Kabupaten Inhu yang memiliki astaka utama terapung diatas danau. Ini yang tidak dimiliki daerah-daerah lain di Riau.

"Hal itu menjadi peluang besar dan sangat istimewa terhadap Inhu untuk menjadi tuan rumah MTQ Riau tahun 2020," tambah Mahyudin.

Acara pembukaan MTQ Inhu ke-49 dihadiri Plt Sekdaprov Riau Ahmad Shah Harofie, Kakanwil Kemenag Riau, Mahyudin, Sekdakab Inhu Hendrizal, Ketua Sementara DPRD Inhu Daniel Eka Perdana, seluruh pimpinan OPD Inhu serta Forkopimda Inhu, Camat se-Inhu dan para undangan. (advetorial/yus)