Ribuan ASN Pemkab Pelalawan Ikuti Tes Urin Antisipasi Penyalahgunaan Narkotika

ASN-Jalani-Test-Urine.jpg
(TRIBUN PEKANBARU)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Aparatur Sipil Negara  di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan menjalanai tes urine pagi ini Selasa 3 Desember 2019. Kegiatan dilaksanakan di Kantor Bupati Pelalawan. Kegiatan ini dilaksanakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bersama Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Pelalawan.

Satu persatu ASN menuju ASN kamar mandi yang berada di Lantai ll kantor Bupati. Tim gabungan menggelar beberapa meja yang dijaga petugas melayani para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang datang.

PNS terlebih dahulu mengisi formulir dengan mencantumkan data diri secara lengkap. Kemudian memberikan kepada petugas untuk mendapatkan tabung Urine.

Selanjutnya penampungan dilakukan di dalam kamar mandi pria dan wanita. Setelah Urine yang ditampung telah mencukupi, barulah diberikan kembali kepada petugas.

Tampak personil kepolisian, BNNK, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan pegawai Badan kesbangpol berjaga-jaga disekitar lokasi pemeriksaan.

Para abdi negara baik laki-laki dan perempuan hilir mudik untuk memeriksakan urine-nya.

"Ini khusus pegawai sekretariat saja dulu," kata seorang petugas BNNK.

Selain ASN di Kesbangpolinmas, ada 30 OPD yang akan diperiksa hingga pukul 16.00 WIB hingga  seluruh ASN diwajibkan mengikuti tes.

"Ini untuk semua pegawai di lingkungan Pemkab Pelalawan, tanpa terkecuali. Kita sebagai pelaksana yang mengkoordinir dari Kesbangpol," kata Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Pelalawan, AKBP Andi Salamon Selasa 3 Desember 2019

Ia menjelaskan, pelaksanaan test Urine sebagai antisipasi dini penyalahgunaan narkotika di kalangan PNS.

Berdasarkan hasil pemeriksaan akan diketahui keterlibatan pegawai dalam mengkonsumsi narkoba dan jenis narkotika yang digunakannya.

Dijelaskannya, pihaknya menargetkan 1.559 ASN yang ada di lingkungan Pemkab Pelalawan harus dites Urine.

Bagi yang berhalangan hadir hari ini dengan alasan yang jelas, diminta melakukan test Urine langsung di kantor BNNK Pelalawan selama empat hari kedepan.

"Kita gabungan dari Kesbangpol, BNNK, dan Satpol PP. Pemeriksaan dimulai jam 08.00 wib tadi," tambahnya.