Penting! Ini 8 Peralatan Dapur Elektronik yang Wajib Dimiliki Para Ibu di Rumah

Peralatan-Masak-di-Dapur.jpg
(pinterest.com)

RIAU ONLINE - Hidup di zaman semakin modern seperti sekarang ini, berbagai peralatan tradisional mulai teralihkan dengan alat-alat modern berbahan listrik.

Jika berbicara mengenai peralatan dapur rumah tangga, maka menjadi favorit ibu rumah tangga saat ini adalah peralatan elektronik dapur.

Dengan hadirnya alat elektronik tersebut tentunya bisa membantu meringankan pekerjaan para ibu dalam memasak jadi lebih cepat.

Bukan hanya itu, alat-alat elektronik tersebut juga sangat praktis dan efisien. Sehingga tidak memerlukan waktu yang lama untuk memasak.

Maka tak heran jika barang dapur elektronik tersebut selalu menjadi andalan ibu rumah tangga saat ini. Elektronik dapur memiliki berbagai macam bentuk dan fungsi tersendiri.

Selain itu, elektronik dapur juga mempunyai variasi ukuran dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Lantas, apa saja alat elektronik dapur wajib ada di dapur?

Nah, berikut ini kami akan ulas berbagai macam peralatan dapur elektronik wajib dimiliki ibu rumah tangga.

1. Mixer 

Blender

Mixer merupakan alat mekanis berguna mencampur semua bahan adonan kue. Tak hanya itu, mixer juga seringkali digunakan mengolah adonan whipping cream, pastry dan cake.

Telah banyak berbagai macam merek dan bentuk bisa kamu temui di pasaran. Harganya pun sangat bervariasi. Dengan hadirnya alat elektronik dapur ini, maka aktivitas kamu dalam membuat roti dan kue pun akan terasa menyenangkan dan cepat. 

2. Kulkas

Kulkas

Kulkas (lemari pendingin) adalah perangkat elektronik dapur mempunyai refrigerasi menyimpan berbagai makanan di dalamnya.

Barang elektronik satu ini berguna menaruh segala jenis makanan dan minuman agar tetap segar. Desainnya pun kini sudah semakin bervariasi dengan teknologi canggih, seperti ramah lingkungan dan hemat energi.

Kehadiran kulkas di dapur juga bisa membantu mengurangi frekuensi ibu dalam belanja.

3. Microwave

Microwave

Peralatan elektronik dapur satu ini menggunakan sebuah radiasi gelombang mikro berguna untuk memanaskan makanan atau memasak.

Namun, semakin berkembangnya teknologi sekarang ini, microwave bukan hanya bisa menghangatkan makanan saja. Melainkan juga ada sejumlah fungsi lainnya, antara lain membuat keripik hingga mengembangkan adonan.

Kamu bisa menemukan berbagai macam bentuk dan merk di beberapa toko perlengkapan barang elektronik terdekat.

4. Teko Listrik

Teko Listri

Dengan hadirnya teko listrik ini, maka bisa mempermudah aktivitas ibu di dapur. Karena kamu tidak perlu lagi memasak air dengan manual di kompor, kamu bisa menggunakan teko listrik ini untuk mendapatkan air panas.

Kamu hanya tinggal mencolokkan kabel teko listrik ini ke stop kontak. Hanya menunggu waktu beberapa menit saja air panas sudah langsung tersedia. Alat elektronik dapur ini juga dipercaya bisa meningkatkan kepraktisan jauh lebih baik ketimbang kompor gas.

5. Rice Cooker

Cerek Elektrik

Peralatan dapur elektronik selanjutnya adalah Rice Cooker. Ini tentunya sangat penting untuk dimiliki di dalam rumah. Meski mempunyai fungsi menanak nasi, namun rice cooker ini ternyata memiliki banyak manfaat lainnya, lho.

Kamu bisa membuat aneka hidangan enak lainnya dengan barang elektronik satu ini. Bagi kamu yang ingin kegiatannya dalam memasak bisa cepat selesai, maka kamu wajib memiliki peralatan elektronik ini di rumah.

Sebagai referensi, kamu bisa memilih Philips Rice Cooker untuk melengkapi peralatan dapur kamu di rumah. Ini memiliki kapasitas cukup besar, 2 liter.

Tentunya sangat cukup untuk 14 orang lebih. Rice cooker dari Philips ini juga dibuat dengan lapisan Pro Ceramic+ yang dimana lima kali lebih tahan akan goresan daripada rice cooker lainnya.

6. Blender

Blender1

Pada dasarnya perangkat elektronik dapur satu ini berguna untuk menghaluskan dan mencampur bahan makanan jadi lebih mudah dicerna.

Blender biasanya, digunakan untuk membuat jus atau menghaluskan berbagai jenis bahan makanan, dari yang keras hingga yang halus. Blender memang sering dikenal dengan alat cepat menghaluskan makanan.

Perangkat elektronik dapur ini juga mempunyai fungsi masing-masing dan sangat bervariasi. Semua tergantung dengan spesifikasi dan merk blendernya.

7. Dispenser

Dispenser

Nah, peralatan dapur elektronik berikutnya yang wajib ada di dapur adalah dispenser. Barang elektronik satu ini dirancang khusus untuk menyimpan air minum yang menyajikan air dingin dan panas.

Dispenser ini juga termasuk peralatan elektronik di dapur karena memerlukan listrik untuk menyajikan air panas pada dispenser. Tentunya sangat praktis dan mudah digunakan.

8. Pemanggang Elektrik

Pemanggang Elektrik

Pemanggang elektrik ini dikenal sebagai alat elektronik dapur yang mempunyai kemampuan untuk membantu seseorang dalam memanggang segala jenis aneka makanan, seperti roti, sosis dan daging.

Barang elektronik satu ini mempunyai ukuran yang tidak terlalu besar, sehingga sangat cocok untuk kamu yang sibuk dengan banyaknya aktivitas.

Pilihlah pemanggang sudah dibekali pemanasan ganda. Fungsi paling umum pada pemanasan ini memanggang dan membakar. Dengan hadirnya dua fitur tersebut tentunya bisa kamu andalkan untuk memanggang atau menyajikan jenis makanan lainnya.

Pilihlah barang elektronik hemat daya, agar nantinya tidak membebani kamu dalam pembayaran listrik bulanan. Merawat dan meletakkan barang elektronik di dapur juga sangat penting lho untuk diperhatikan. Hal ini bermaksud agar barang-barang elektronik yang kamu beli itu bisa tahan lama dan tetap terjaga performanya. (advertorial)