Forum Riau Cerdas Beri Pelatihan 20 Orang Calon Assesor

pelatihan-asesor.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Forum Riau Cerdas bersama dengan Lembaga Diklat Profesi (LDP) Retail dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Pekanbaru menggelar pelatihan bagi calon assesor sertifikasi.

Ketua Forum Riau Cerdas, Indra Utama mengatakan pihaknya ingin mencetak calon-calon assesor untuk mengsertifikasi setiap usaha yang ada di provinsi Riau.

Sebab, selama ini jika ada sertifikasi usaha, pelaku usaha harus mendatangkan tim assesor dari Jakarta sehingga proses sertifikasi menjadi sangat rumit.

Pelatihan assesor ini sendiri akan berlangsung selama enam hari dan diikuti oleh sekitar 20 orang calon assesor yang siap menguji usaha-usaha di provinsi Riau terutama Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Selama enam hari ini, para calon assesor ini akan diberi pemaham skema retail dan semua yang berkaitan dengan standar-standar usaha. Nantinya, mereka akan mendapatkan pembekalan di setiap bidang.

"Mereka ini nanti akan menjadi assesor di berbagai bidang, apakah di pramuniaga di bagian kasir, di bagian penerimaan barang, customer service atau lainnya. Semoga semua lulus lah," kata Indra, Selasa, 19 November 2019.

Jika nantinya sudah ada assesor di Riau, sambung Indra, pihaknya akan langsung melakukan sertifikasi kepada ribuan pelaku usaha di Riau dengan memprioritaskan mereka yang mendapat program gratis dari APBN .

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Pekanbaru, Fakhrial sangat mendukung program ini karena akan berdampak positif pada pelaku usaha di Riau.

"Kita sebelumnya sudah melakukan sertifikasi pada ribuan pelaku usaha tahun ini, semuanya memakai asesor dari luar, kewalahan juga kita. Dengan adanya program ini tentu nantinya akan lebih mudah," ujarnya.

Disinggung mengenai geliat UMKM saat ini, menurut Fahrial cukup tinggi sejak ia memimpin Apindo pada tahun 2016 kemarin.

"Kemarin tu kan ada banyak yang kita ikutkan pelatihan, Mereka kebanyakan kurang berkompeten menghadapi persaingan, apalagi membaca situasi ekonomi mereka kurang paham. Tapi setelah kita beri pelatihan dan sertifikasi, mereka lebih pede. Karena kita bekali strategi bisnis, termasuk pengelolaan keuangan," tuturnya.

Lebih jauh, untuk syarat seorang Assesor sendiri menurutnya tidak terlalu rumit. Untuk calon Assesor harus mumpuni di bidang disiplin ilmu, merupakan pelaku usaha, dan memilkki jaringan organisasi serta menguasai manajemen.

"Mudah-mudahan yang ikut pelatihan hari ini bisa lulus jadi Assesor," tutupnya.