Aktual, Independen dan Terpercaya


Mangkir, Jubir KPK: Amril Mukminin Kirim Surat Ada Acara di Rupat Utara

BUpati-dan-panglima.jpg
(Ist)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, mangkir dari panggilan pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ketua DPD II Partai Golkar tersebut beralasan sedang menjalankan rangkaian tugas di Kecamatan Rupat Utara, Kamis, 24 Oktober 2019. 

Padahal, anak buah Bupati Bengkalis, baik Kepala Bagian (Kabag) Humas, Muhammad Fadli, maupun Kepala Dinas Komunikasi, dan Informasi (Kominfo), Johansyah Syafri, menyatakan, Amril Mukminin sedang ada acara di Novotel Pekanbaru. 

"Tidak hadir (Mangkir). AMU (Amril Mukminin) mengirimkan surat, tidak bisa hadir karena surat baru diterima dan masih ada rangkaian tugas di Kecamatan Rupat Utara," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah kepada RIAUONLINE.CO.ID, Kamis malam, 24 Oktober 2019. 

Bupati Amril Mukminin merupakan tersangka kasus suap dan korupsi dalam kasus proyek peningkatan Jalan Batu Panjang-Pangkalan Nyirih, Bengkalis tahun anggaran 2013-2015. 

Selain mengagendakan pemeriksaan Bupati Bengkalis, KPK juga memanggil Direktur PT Mitra Bungo Abadi, Makmur alias Aan, sebagai tersangka. 

Namun, tutur Febri, keduanya menyatakan tak bisa hadir dengan mengirimkan surat tidak dapat menghadiri pemeriksaan. "Saya baru tahu tadi sore," kata lulusan Fakultas Huku UGM ini. 

Febri menegaskan, Penyidik KPK akan mempelajari serta mempertimbangkan penjadwalan ulang kedua tersangka yang telah merugikan keuangan rakyat ratusan miliar. 

"Penyidik akan mempelajari dan mempertimbangkan penjadwalan kembali," pungkas Febri.

Sebelumnya, KPK memanggil keduanya, Amril Mukminin dan Makmur, untuk menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih, KPK, Kuningan. 

Kepala Bagian Humas (Kabag Humas) Pemkab Bengkalis, Muhammad Fadli, dihubungi Selasar Riau, mengatakan, orang nomor satu di Negeri Junjungan sedang berada di Pekanbaru.

"Tadi (hari ini) agenda Bupati di Pekanbaru. Beliau sedang mengikuti agenda di hotel Novotel, Pekanbaru," kata Muhammad Fadli, saat dikonfirmasi, apa agenda Bupati Amril Mukminin hari ini.

Saat didesak ada agenda apa di Hotel Novotel, Kabag Humas enggan menyebutkannya.

"Agenda beliau sedang di Pekanbaru di Novotel. Kegiatan apa saya lupa, " tambah Muhammada Fadli.

Saat ditanyakan kembali mengenai pemeriksaan Amril Mukminin oleh KPK? Fadli mengaku belum mendapat kabar. "Kalau kabar tersebut, saya tidak tahu," singkatnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bengkalis, Johansyah juga mengatakan, Bupati Amril sedang mengikuti agenda di Pekanbaru.

"Setahu saya, agenda beliau hati ini mengikut kegiatan di Novotel di Pekanbaru," singkat Johansyah.