Aktual, Independen dan Terpercaya


Jelang Akhir Tahun, Banleg DPRD Riau Kebut Enam Ranperda

mamun9.jpg
(Hasbullah)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ketua Badan Legislasi (Banleg) DPRD Riau, Ma'mun Solihin mengakui pihaknya akan menyelesaikan sekitar 6 Rancangan Perda inisiatif dari DPRD Riau untuk masa kerja yang tersisa dua bulan ini.

Hal tersebut disampaikan Ma'mun usai menggelar rapat bersama dengan pimpinan komisi dan anggota Banleg, Senin, 21 Oktober 2019.

"Pengerjaan Banleg selama beberapa tahun ini minim sekali, makanya dari perda inisiatif DPRD sendiri komisi-komisi sudah kita minta dipercepat progresnya. Target kita 6 Ranperda bisa diselesaikan sampai akhir tahun," kata politisi PDIP ini.

Pertemuan hari ini, sambungnya, dilakukan guna mencari tahu mana Ranperda yang sudah bisa diparipurnakan dan dibuatkan Panitia Khusus (Pansus) nya sehingga diambil kesepakatan untuk menyelesaikan 6 Ranperda.

Dari pertemuan ini, jelasnya, Banleg juga sudah meminta komisi-komisi DPRD Riau dan Pemprov Riau melalui Biro Hukum untuk mempersiapkan Propemperda 2020.

"Kita minta ini dipersiapkan lengkap dengan naskah akademik supaya tidak terkatung-katung. Jadi awal tahun sudah bisa bergerak. Jangan pas akhir tahun saja kita sibuk, sehingga di akhir tahun DPRD Riau tak lagi fokus menjalan dua tugasnya, controlling dan budgetting," pungkasnya.

"Tadi didalam rapat juga saya jelaskan bahwa Banleg ini sangat penting, karena ini adalah wajah DPRD Riau, kita harus menciptakan produk-produk hukum sesuai dengan kebutuhan masyarakat," tutupnya.

Adapun 6 Ranperda ini terdiri dari dua Ranperda inisiatif dari Komisi II, satu Ranperda dari Komisi III, dua Ranperda dari Komisi IV, dan satu dari Badan Kehormatan (BK).