Aktual, Independen dan Terpercaya


Mahasiswi Unri Pingsan saat Berunjuk Rasa di Kantor Gubernur Riau

Mahasiswi-Pingsan.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ALBAIHKI KM)

Laporan : ALBAIHAKI KN

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Seorang mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Univerissitas Riau (Unri), tiba-tiba pingsan saat mengikuti unjuk rasa soal asap di halaman Kantor Gubernur Riau, Kamis, 12 September 2019. 

"Sesak dia, sesak dia," kata seorang mahasiswi yang menggotong korban bersama mahasiswi lainnya. 

Mahasiswi yang pingsan tersebut kemudian dibawa ke dalam Mesjid Al Hidayah, di Kompleks Kantor Gubernur Riau, berjarak sekitar 75 meter dari lokasi pingsannya. 

Asap tebal menguning memicu mahasiswa untuk turun ke jalan mengkritisi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang lamban atasi persoalan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

"Sudah berbulan-bulan asap di Riau ini. Tapi masalah ini seperti tidak diprioritaskan pemerintah. Kami menuntut pemerintah segera menyelesaikannya," kata seorang peserta aksi, Agus.

Koordinator Aksi, Sandewa Jovanda mengatakan, mahasiswa menuntut persoalan asap diselesaikan secepat-cepatnya. Apalagi hutan di Riau sudah habis dibabat dan dibakar. 

Massa semula ingin bertemu Gubernur Riau, Syamsuar, mendesak penyelasaian masalah asap. Namun, keinginan tersebut tak terwujud, karena Syamsuar sedang berada di Thailand. 

Pengunjuk rasa kemudian diterima Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution.