Pesan BJ Habibie: Jika Saya Tak Meninggal, Saya Ingin Pakai Baju Melayu Riau

BJ-Habibie-berbusana-Melayu.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Almarhum Presiden Republik Indonesia 1998-1999, Bachruddin Jusuf Habibie, memiliki kenangan tersendiri terhadap Melayu Riau.

Bahkan, BJ Habibie ingin jika ia panjang umur, mengenakan pakaian Teluk Belanga, khas Melayu saat resepsi detik-detik Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-73 Republik Indonesia, 17 Agustus 2018, di Istana Negara. 

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Raja Yoserizal Zen menceritakan, kala itu ia sangat terkejut mendapat foto Presiden ke-3 tersebut tengah mengenakan pakaian Melayu berwarna kuning.

Foto itu didapatkannya tepat pada pelaksanaan HUT RI ke-73 di Instana negara. Dalam foto tersebut, tampak Bapak Teknologi ini berdiri sejajar degan Presiden Joko Widodo beserta tamu undangan lainnya.

BJ Habibie Kenakan Teluk Belanga

 

BJ Habibie tampak mencolok dengan busana warna kuning dikenakan. Bahkan paling mencolok di antara pakaian adat dikenakan oleh tokoh nasional kala itu.

"Saya mendapat kiriman foto beliau (BJ Habibie) mengenakan pakaian Melayu warna kuning saat upacara 17 Agustus di Istana Negara," kata Yoserizal, kala itu.

Rupa-rupanya, itu merupakan permintaan Eyang Habibie saat berada di Riau, saat menghadiri Peringatan HUT Ke-61 Provinsi Riau dan Hari Teknologi Nasional (Harteknas), di Pekanbaru. 

Kala itu, BJ Habibie mengenakan Teluk Belanga warna merah krem saat hadiri HUT Ke-61 Provinsi Riau. Sedangkan warna abu-abu digunakan saat Harteknas di halaman Gedung Daerah esok harinya, 10 Agustus 2018.  

BJ Habibie Kenakan Pakaian Melayu

 

Yose menceritakan, Habibie meminta langsung kepadanya ingin mengenakan pakaian Melayu warna kuning saat peringatan HUT RI nanti.

"Jadi beliau pernah menyampaikan begini, kalau saya panjang umur tanggal 17 Agustus (2018) saya akan kenakan pakaian Melayu Riau warna kuning," kata Yose mengulang perkataan Habibie.

Keinginannya itu tidak dilupakan oleh Yose. Tanpa pikir panjang ia langsung menyampaikannya kepada Gubernur Riau, kala itu, Arsyadjuliandi Rachman, perihal keinginan almarhum.

Mendapat laporan itu, Andi Rachman, sapaan akrabnya, langsung langsung memerintahkan menyiapkan pakaian Melayu Riau untuk dikirim ke Jakarta.

"Alhamdulillah saat upacara 17 Agustus di Istana Negara beliau memakai pakaian Melayu Riau kita kirim," kata sastrawan ini dengan bangganya.

Seperti diketahui, peringatan HUT RI ke-73 di Istana Negara dimeriahkan dengan beragam pakaian daerah dari peserta. Termasuk Presiden Joko Widodo, para menteri dan tamu undangan mengenakan busana dari daerah di Indonesia.

Tamu yang hadir adalah Presiden Indonesia BJ Habibie. Ia tampil menawan dengan baju Teluk Belanga khas Melayu Riau berwarna kuning.