Aktual, Independen dan Terpercaya


Kabut Asap, Asita Riau Tak Ingin Wisatawan Meninggalkan Kesan Buruk

Ketua-ASITA.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Riau berharap agar pemerintah bisa segera menyelesaikan permasalahan kabut asap yang sudah berlangsung sejak bulan lalu ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Asita Riau, Dede Firmansyah, memang saat ini kabut asap belum terganggu menganggu penerbangan yang keluar masuk di bandara SSK II.

"Walaupun mengganggu jarak pandang, tapi sejauh ini masih cukup normal," ujar Dede, Kamis, 22 Agustus 2019.

Kabut asap, kata Dede, sangat berdampak pada wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata di Riau, sehingga ia khawatir nantinya para wisatawan akan membawa kesan buruk tentang asap di Riau.

Untuk itulah, Asita sangat berharap agar pihak terkait bisa mengupayakan untuk menghentikan kabut asap demi kelancaran sektor pariwisata di provinsi Riau.

"Ini kan masih ada kabut asap, kita tidak tahu apakah masih ada kebakaran baik disengaja maupun tidak disengaja, apakah kebakaran semakin meluas, namun kita berharap jangan sampai ada titik api lagi," tuturnya.

Diakui Dede, pihaknya dalam waktu dekat ini ingin berjumpa dengan Gubernur Riau Syamsuar untuk upaya antisipasi mengingat bulan November nanti akan ada event dari Asita.

"Kita mau buat event berkuda, 26-27 November, ada wisatawan dari mancanegara juga. Karena Sultan Trenggano itu kan atlet sea games, terakhir dia konfirm mau bawa 12 kuda ke Riau," pungkasnya.

"Kalau misalnya Oktober masih ada asap, tentu dia berpikir dua kali dia mau kesini, ini yang kita hindari," tandasnya.